PLN Jayapura Bongkar 600 Meteran Pelanggan

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – PLN Area Jayapura hingga kini telah melakukan pembongkaran terhadap 600 meteran pelanggan karena tidak melunasi tagihan rekening listrik dalam periode tertentu.

“Pelanggan yang nunggak itu bervariasi, jadi untuk Kota Jayapura saja berkisar 500-600 pelanggan yang kita bongkar rampung,” ujar Manager Area PLN Jayapura Mery Law, di Jayapura, Selasa (20/10/2015).

“Jadi, kalau sudah dibongkar mereka akan berupaya untuk mendapatkan uang untuk melunasi baru kita sambung lagi,” sambungnya.

Disebutkannya, dari total meteran yang telah dibongkar rampung, jumlah tagihan yang sudah terpotong angkanya mencapai miliaran rupiah.

“Yang bongkar rampung, untuk yang menunggak di atas tiga lembar, khusus yang di daerah kota sudah sampai Rp3 miliar. Kalau untuk daerah Kabupaten Jayapura, khususnya di kampung-kampung kita melakukan cara persuasif untuk menumbuhkan kesadaran mereka membayar,” ucapnya.

Sementara mengenai jumlah tunggakan di Area Jayapura yang mencakup Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, kabupaten Keerom dan Kabupaten Mimika, nilainya jauh di atas Rp3 miliar.

“Untuk PLN area Jayapura, sampai dengan 30 September 2015, tunggakan kami keseluruhan itu Rp27,5 miliar. Ini satu jumlah yang sangat besar dan sisa efektif waktu satu bulan setengah sampai dengan Desember dan kami akan terus mengupayakan cara-cara pemutusan,” kata Mery.

Menurutnya, selain melakukan pembongkaran, PLN juga telah menempuh langkah-langkah persuasif yang bersifat informatif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar segera menyelesaikan kewajibannya membayar tagihan rekening listrik.

“Kita membagi jenis golongan tarif dan juga membagi per rayon serta memetakan daerah-daerah yang sulit kami putus. Metode yang kami pakai kami membentuk tim pemutusan, yang menunggak dua bulan ke atas kami lakukan bongkar rampung, itu sudah dilakukan dengan biasa,” ujarnya.

“Ditambah lagi kami bekerja sama dengan Telkomsel untuk melakukan pemberitahuan melalui pesan singkat kepada pelanggan agar segera melunasi tagihan rekening listriknya,” sambung Mery. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PLN Jayapura Bongkar 600 Meteran Pelanggan