Bharindo, Media di Kalangan Institusi Polri

share on:
Para Kru Bharindo usai Pengukuhan di Polda Papua, Sabtu (17/2015) - Doc Humas Polda Papua
Para Kru Bharindo usai Pengukuhan di Polda Papua, Sabtu (17/2015) – Doc Humas Polda Papua

Jayapura, Jubi – Media Bhayangkara Indonesia (Bharindo) mungkin masih asing di telinga khalayak umum. Bharindo merupakan media untuk kalangan institusi Polri, dan khusus memberitakan semua hal terkait institusi kepolisian alias media Bhayangkara.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Patrige Renwarin mengatakan, di Papua, Pers Bharindo sudah ada sejak 2014. Namun baru dikukuhkan pada akhir pekan lalu dan beranggotakan 27 orang kru.

“Ini menunjukan komitmen pimpinan Polri terkait pemberitaan secara khusus dikalangan Polri. Tak banyak orang memahani tugas Polri, sehingga perlu disosialisasikan kepada khalayak. Semoga kehadiran Bharindo bisa memberikan pencerahan dikalangan kepolisian, terutama yang bertugas di daerah hingga ke pedalaman,” kata Patrige, Rabu (21/10/2015).

Menurutnya, Bharindo Papua diharapkan dapat menyajikan fakta, kebenaran yang berimbang agar masyarakat dapat memahami dengan baik apa tugas kepolisian, TNI, Pemerintah swasta dalam upaya membangun Papua.

“Media ini berkaitan erat dengan pemberitaan hukum dan penyuluhan hukum lewat media, sehingga dapat memberikan pemahaman dan pencerahan dikalangan kepolisian, TNI dan aparat pemerintahan, bahkan swasta untuk diketahui kalangan masyarakat,” ucapnya.

Kepala Perwakilan Bharindo Papua, Melki Korengkeng mengatakan, Bharindo hadir di Papua pada 26 Maret 2014 lalu. Katanya, diharapkan kehadiran media itu bisa mengangkat sumber daya manusia di institusi Polri, dan membawa dampak positif bagi perkembangan di Papua.

“Diharapkan, produk berita Bharindo disertai fakta di lapangan agar bisa dipertanggungjawabkan. Wartawan Bharindo juga dibekali kartu pers dan itu sudah terdaftar di Dewan Pers,” kata Melki. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bharindo, Media di Kalangan Institusi Polri