PM Kepulauan Solomon akan Tunda Sidang Parlemen

share on:
PM Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare saat bersama wakil Perdana Menteri Douglas Ete - Courtesy of SIG
PM Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare saat bersama wakil Perdana Menteri Douglas Ete – Courtesy of SIG

Jayapura, Jubi – Seorang juru bicara untuk kantor Perdana Menteri Kepulauan Solomon mengatakan Manasye Sogavare akan menunda aktivitas di parlemen sampai minggu depan. Saat ini, Sogavare berurusan dengan pergolakan politik yang mengancam kedudukannya.

Tujuh menteri pemerintah resmi mengundurkan diri Rabu (21/10/2015) setelah mempermasalahkan gaya kepemimpinan Sogavare.
Tujuh menteri ini adalah anggota Partai Serikat Demokrat dan Parta Kandere – mitra koalisi utama dalam pemerintahan.

Mereka adalah Wakil Perdana Menteri Douglas Ete, Dr Derek Sikua, Ismail Avui, Bodo Dettke, Commins Mewa, Agustinus Auga dan Andrew Manepora’a.

Namun Deli Oso, juru bicara perdana menteri, mengatakan laporan media massa yang menyebutkan enam backbenchers pemerintah juga mengundurkan diri tidak benar.

Sogavare, kata Oso belum merilis pernyataan resmi mengenai pengunduran diri para anggota parlemen tetapi berencana menunda aktivitas parlemen Kamis ini.
“Perdana menteri berencana menunda aktivitas parlemen sampai minggu depan hanya untuk mengatasi pergolakan politik yang ada di sini,” kata Oso, dikutip Solomon Star, Kamis (22/10/2015).

Seorang juru bicara kelompok yang meninggalkan perdana menteri mengatakan mereka akan meminta Sogavare untuk mundur atau menghadapi mosi tidak percaya diri.

Oso mengatakan para menteri pemerintah yang telah mengundurkan diri akan diganti sesegera mungkin dan Mr Sogavare tidak khawatir terhadap mosi tidak percaya.
“Dia sama sekali tidak peduli karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ia yakin, ia adalah orang yang bersih dan tidak ada yang tindakan yang harus diambil terhadap dirinya. Saat ini dia belum merilis pernyataan pengunduran diri para menterinya tetapi ia akan membuat beberapa kesepakatan sesegera mungkin,” tambah Oso.

Sementara itu, Kelompok Opoisi Parlemen membantah enam anggota parlemen mereka telah bergabung dengan Manasye Sogavare yang memimpin Koalisi Demokrat untuk mengubah pemerintah.

Menteri yang mengundurkan diri
Menteri Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Dr Derek Sikua
Wakil Perdana Menteri Douglas Ete
Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Bodo Dettke
Menteri Pertanian dan Peternakan Augustine Auga
Menteri Pertanahan, Perumahan dan Survey Andrew Manepora’a
Menteri Kepolisian, Keamanan Nasional dan Correctional Service Commins Mewa
Menteri Kehakiman dan Urusan Hukum Ismail Avui.
(Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PM Kepulauan Solomon akan Tunda Sidang Parlemen