Posindo Papua: Penyaluran PKH Tahap Ketiga Rampung Bulan Ini

share on:

Jayapura, Jubi – Manager Operasi Jasa dan Keuangan PT Pos Indonesia (Posindo) Regional XI Papua, C Rixon E Wuwungan meyakini proses penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) 2015 akan selesai pada bulan ini.

“Meski progresnya belum diketahui akibat pelaporan yang belum sampai, tetapi Posindo yakin mereka berupaya untuk menyelesaikan dan penjadwalan terakhir pada 24 Oktober 2015,” ujar Rixon kepada Jubi di Kota Jayapura, Kamis (22/10/2015).

Ia mengakui tidak mengalami kendala sehingga sesuai jadwal dari dinas sosial setempat hal tersebut langsung terbayarkan. Dalam penyalurannya, dengan jumlah sebanyak 4.000 RTS Posindo Jayapura dan 7.000 RTS Posindo Manokwari yang bertanggung jawab.

Seperti dilansir BeritaSatu.com, Menteri Sosial RI, Khofifah Indarparawansa menyebutkan, September 2015 ini juga akan dilakukan sensus pendataan kemiskinan oleh Badan Pusat Statistk (BPS). Sebab kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla menargetkan angka kemiskinan menurun 7-8 persen. Penurunan kemiskinan itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara (RPJMN).

“Kami optimistis kemiskinan itu menurun dari 10,96 persen menjadi 7-8 persen pada 2019,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, saat ini Kementerian Sosial meluncurkan berbagai program sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan juga peningkatan pendapatan ekonomi. Misalnya, ujar dia, Program Keluarga Harapan (PKH) dapat memutus angka kemiskinan. Adapun tujuan PKH untuk mencegah anak-anak putus sekolah pada pendidikan SD, SMP, dan SMA. Selain itu juga mengantisipasi kematian ibu dan bayi dengan memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas maupun tenaga medis lainnya.

“Saya kira program ini meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, terutama bagi kelompok masyarakat sangat miskin,” katanya.

Menurut dia, program sosial lainnya untuk menanggulangi kemiskinan tersebut yakni digulirkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dengan memberikan bantuan penguatan modal bagi masyarakat miskin. Program KUBE itu diharapkan masyarakat dapat menciptakan pelaku usaha, seperti pedagang, kerajinan dan peternakan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

“Kami minta bupati sebagai kepala daerah agar warga yang menerima PKH diprioritaskan mendapat KUBE agar membuka usaha guna menambah pendapatan ekonomi keluarga, sehingga kehidupan mereka menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Ia menyebutkan, pemerintah kini sedang melakukan verifikasi dan validasi data agar penyaluran program sosial benar-benar tepat sasaran. “Kami berharap data itu akurat dan bisa dijadikan rujukan warga miskin untuk mendapat berbagai program sosial,” katanya. (Sindung Sukoco)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Posindo Papua: Penyaluran PKH Tahap Ketiga Rampung Bulan Ini