PMI Papua Rencanakan Operasi Katarak Gratis di Lanny Jaya

share on:
Seorang warga Tolikara yang mendapatkan kacamata baca gratis – IST
Seorang warga Tolikara yang mendapatkan kacamata baca gratis – IST

Jayapura, Jubi – Palang Merah Indonesia (PMI) Papua tak hanya berhubungan dengan persediaan darah untuk orang yang membutuhkan, tetapi juga melakukan berbagai pelayanan kesehatan.

Kepala PMI Papua, Johanis Safkaur mengatakan, salah satu program PMI setempat yaitu melakukan operasi katarak. Kabupaten yang direncanakan jadi lokasi operasi katarak pada 2016 mendatang adalah Lanny Jaya.

“Dalam beberapa waktu terakhir, wilayah pegunungan tengah yang jadi pelaksanaan operasi katarak lewat kerja sama dengan Palang Merah Internasional dan Rumah Sakit Dian Harapan, Waena, Kota Jayapura. Tahun depan direncanakan di Lanny Jaya,” kata Safkaur via teleponnya, Jumat (23/10/2015).

Menurutnya, September tahun ini, PMI Papua melakukan operasi katarak di Kabupaten Tolikara. Ada 78 orang yang dioperasi, dan membagikan kacamata baca gratis kepada 190 orang lebih.

Katanya, beberapa kabupaten di pegunungan tengah yang sudah dilakukan operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis yakni Tolikara, Jayawijaya, Yalimo dan Puncak Jaya.

“Sudah ada kurang lebih 900 penderita katarak yang dioperasi, dan 1.200 orang lebih mendapat kacamata baca gratis. Kami juga melakukan berbagai kegiatan lain yakni ikut terlibat dalam penanggulangan bencana alam dan sosial misalnya banjir, kebakaran,” ucapnya.

“PMI adalah organisasi kemanusian yang mandiri dan tak ditunggani kepentingan, tak mengenal batas antardaerah, negara, agama, suku dan ras. Lebih mengutamakan kemanusian,” katanya lagi.

Beberapa pekan lalu, dr. Yanuar Ali, SpOpt., dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Dian Harapan (RSDH) mengatakan, pelayanan operasi katarak merupakan upaya yang dilakukan RSDH untuk menurunkan angka kebutaan karena katarak di Tanah Papua melalui kerja sama dengan PMI Papua dan Palang Merah Internasional. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PMI Papua Rencanakan Operasi Katarak Gratis di Lanny Jaya