Akibat Kemarau Panjang, Umat Islam Sholat Istisqa Minta Hujan

share on:
sholat
Sholat bersama di Masjid Raya Merauke memin ta hujan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Kemarau panjang selama beberapa bulan terakhir hingga mengakibatkan debit air minum mengalami penurunan dan masyarakat sulit mendapatkan air, maka umat Islam melakukan sholat istisqa yang berlangsung di Masjid Raya Merauke Selasa (27/10/2015) sekaligus untuk meminta hujan.

Sholat meminta air hujan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, selain membantu masyarakat di Kabupaten Merauke mendapatkan air, juga dapat memadamkan bencana asap api di berbagai tempat hingga berdampak terhadap berbagai aktivitas masyarakat di Kabupaten Mimika.

Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Supartodi saat ditemui Jubi membenarkan jika telah dilakukan doa dan shalat di masjid raya. Umat Islam, katanya, berdoa meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar memberikan air hujan, karena sudah beberapa bulan terakhir, terjadi kemarau panjang.

Doa untuk meminta hujan, demikian Danrem, tidak hanya dilakukan umat Islam, tetapi juga umat Katolik maupun Protestan, Hindu dan Budha. Untuk umat Kristiani, ujud doanya dilakukan pada Hari Minggu kemarin.

“Saya harus akui bahwa dengan kegiatan pemadaman api secara manual menggunakan pelepa kelapa serta daun pisang, tidak bisa memadamkan api di berbagai tempat. Olehnya, kita bersama-sama mem inta kepada Tuhan agar bisa cepat turun hujan sehingga kobaran api dapat dipadamkan terutama di daerah yang sulit dijangkau,” katanya.

Sementara Kepala BMKG Kabupaten Merauke, Sugeng Winarko mengatakan, sesuai prakiraan BMKG, awal curah hujan baru akan terjadi pada Bulan Desember 2015. Namun demikian, bisa saja, dalam beberapa waktu ke depan, sudah turun hujan, karena mendung yang terjadi dalam satu dua hari terakhir ini. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Akibat Kemarau Panjang, Umat Islam Sholat Istisqa Minta Hujan