Operasional PTS Biak Masih Bergantung Bantuan

share on:

Biak, Jubi/Antara – Kelancaran operasional sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Kabupaten Biak Numfor, Papua masih sangat bergantung dengan bantuan dana hibah pendidikan dari pemerintah kabupaten setempat.

“Pemberian dana bantuan pendidikan dari Pemkab Biak meski sangat terbatas, namun menunjang kegiatan perkuliahan bagi PTS,” kata Direktur Akademi Tenik Biak Happy Nanggaro ST di Biak, Selasa (27/10/2015).

Ia mengakui, pembiayaan untuk mendukung operasional pendidikan setiap PTS belum sepenuhnya dibiayai secara mandiri karena minimnya mahasiswa yang berkuliah terutama pada program studi Sains.

Sedangkan masalah lain yang sangat krusial dalam menunjang kelancaran perkuliahan mahasiswa PTS, menurut Happy, karena latar belakang kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa yang sangat terbatas dalam membayar uang kuliah.

“Ya bantuan pemkab Biak meskipun tidak besar tetapi sangat membantu keberadaan PTS tertentu dalam membiayai proses perkuliahan setiap tahun akademik,” katanya.

Dia berharap, bantuan hibah pendidikan dari pemkab dapat ditingkatkan setiap tahun sehingga mendukung operasional PTS dalam melanjutkan misi perguruan tinggi menyiapkan tenaga sumber daya manusia yang terampil dan memiliki komptensi keahlian sesuai program studi yang dibuka.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam selaku pengelola Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Drs H.Marsam M.Si mengakui, operasional pembiayaan PTS di Biak sebagian diperoleh dari pembayaran biaya pendidikan mahasiswa setiap semester tahun akademik.

Untuk IISIP Yapis, menurut Marsam, selama beberapa tahun belakangan ini lebih mengandalkan hasil uang kuliah mahasiswa dengan besaran bervariasi.

“Bantuan dana pendidikan tinggi dari pemkab untuk PTS diharapkan menunjang kelancaran proses perkuliahan mahasiswa, ya meski jumlahnya terbatas tetapi sangat bermanfaat bagi setiap PTS,” katanya.

Berdasarkan data bantuan dana hibah pendidikan bagi setiap perguruan tinggi swasta di Kabupaten Biak Numfor mencapai Rp25 juta/tahun. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Operasional PTS Biak Masih Bergantung Bantuan