Pemprov Papua Komit Lindungi Anak

share on:

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi mengaku sangat komitmen untuk memberikan perlindungan kepada anak-anakdi Bumi Cenderawasih, terutama kepada anak-anak yang sedang berhadapan dengan hukum.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Selasa (27/10/2015) mengatakan perlindungan kepada anak-anak yang diberikan pemerintah berupa jaminan perlakuan manusiawi dan menjamin tidak dirampasnya hak-hak mereka.

“Sesuai dengan konvensi hak-hak anak, segala keputusan yang berkaitan dengan anak harus menjadikan kepentingan anak sebagai pertimbangan utama,” katanya.

Dengan demikian sudah menjadi tugas pemerintah untuk memastikan anak-anak yang berhadapan dengan hukum tetap terpenuhi hak-haknya sebagai anak dan terjaga sebagai manusia yang utuh.

“Memanjarakan anak dapat memperkuat kerentanan anak terhadap kekerasan lebih lanjut terhadap anak dan kehilangan kemampuan anak untuk membela diri sebagai manusia di masa depan,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya penguatan komitmen para staf ahli untuk membantu penanganan permasalahan di daerah khususnya penanganan anak-anak berhadapan dengan hukum sangat diperlukan.

“Saya harapkan staf ahli kepala daerah se-Papua dapat membentuk forum komunikasi guna membangun kebijakan bagi penanganan anak-anak yang berhadapan dengan hukum,” kata Hery.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur bidang Potensi dan Pembangunan Daerah Papua, Kansiana Salle mengatakan saat ini pemerintah provinsi sedang mengkaji pembuatan kebijakan bagi penanganan anak, khususnya Orang Asli Papua (OAP).

“Pembentukan forum komunikasi staf ahli bertujuan agar pihak-pihak terkait bisa memberikan masukan sebagai upaya untuk membuat kebijakan atau membangun sarana dan prasaran bagi anak yang berhadapan dengan hukum,” kata Kansiana. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Komit Lindungi Anak