RSUD Yowari Butuh Pagar Keliling

share on:
UGD RSUD Yowari Kabupaten Jayapura - Jubi / Engel Wally
UGD RSUD Yowari Kabupaten Jayapura – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari Sentani Kabupaten Jayapura, Michael Demetouw mengatakan keamanan RSUD yang dipimpinnya akan terjamin apabila rumah sakit tersebut memiliki pagar keliling.
“Mau aman, harus ada pagar keliling. Kita sudah mengajukan sejak awal, tetapi masih ada saja kepentingan – kepentingan tertentu yang menghambat proses tender pelaksanaan pembangunan pagar sehingga sampai saat ini kondisi rumah sakit masih sering menjadi sasaran oknum masyarakat yang ribut dan membuat onar di rumah sakit,” jelas Demetouw kepada Jubi di Sentani, Selasa (27/10/2015).

Dikatakannya, pihak rumah sakit selama ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan tugas-tugas pelayanan kesehatan di Rumah sakit, hanya saja di waktu-waktu tertentu pasti ada saja gangguan dari oknum masyarakat yang sudah dipengaruhi dengan miras lalu datang ribut-ribut di dalam ruangan UGD.

“Petugas kami sering merasa tergangu dengan hal ini, apalagi pasien. Sudah sering ada gangguan keamanan yang dialami oleh pasien juga petugas rumah sakit. Padahal kami dari rumah sakit sudah berbicara dengan masyarakat yang tinggal bersebelahan dengan rumah sakit ini untuk bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan rumah sakit, namun masih saja terjadi gangguan keamanan di sini,” ujarnya.

Mantan Kepala laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini ketika disinggung soal ketersedian obat di RSUD Yowari, dirinya mengaku kalau pihaknya juga sangat susah menyediakan obat dengan cara yang cepat.

“Dulu dana BPJS langsung dikelola oleh pihak rumah sakit, sekarang dana tersebut dimasukan langsung ke kas daerah. Ketika ada keperluan, kami usulkan. Hal ini sudah tentu memperlambat kinerja rumah sakit, secara khusus dalam penyediaan obat. Mulai dari pemesanan obat hanya bisa di pesan melalui sistim e-katalog (obat yang terdaftar di kementerian kesehatan). Menurut kami ini hal yang paling menyulitkan, tetapi bahkan sebaliknya menguntungkan pihak distributor obat di pusat,” ujarnya.

Sebelumnya ketua DPR Kabupaten Jayapura Edison Awoitau telah mengingatkan Pemkab Jayapura untuk segera membuat pagar bagi RSUD Yowari.

“Pasien ke rumah sakit untuk sembuh, bukan untuk tambah parah. Bagaimana pasien ada sakit lalu terjadi gangguan keamanan di dalam rumah sakit itu sendiri, selain itu ketersediaan obat di rumah sakit harus ada setiap saat, jangan lagi pasien pergi membeli diluar rumah sakit,” tandasnya. (Engel Wally)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RSUD Yowari Butuh Pagar Keliling