Sogavare Terus Perkuat Posisinya

share on:
Parlemen Kepulauan Solomon - RNZI/Koroi Hawkins
Parlemen Kepulauan Solomon – RNZI/Koroi Hawkins

Jayapura, Jubi Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasye Sogavare terus memperkuat posisinya dengan kembalinya Menteri Pertanahan, Andrew Manepora yang ikut mengundurkan diri pekan lalu.

Manepora yang baru saja kembali dari perjalanan luar negeri mengatakan ia dipaksa menandatangani surat pengunduran dirinya oleh kelompok tujuh menteri yang tidak puas yang pekan lalu membelot dari pemerintahan Sogavare.

Selain itu seluruh kelompok independen di parlemen juga telah bergabung dengan pemerintah untuk mengisi lima kursi menteri kosong lainnya.
Kantor Perdana Menteri telah mengkonfirmasi tindakan mereka untuk mengamankan posisi pemerintah menjelang mosi tidak percaya terhadap Mr Sogavare yang dijadwalkan Jumat ini.

Dikutip Radio New Zealand International, Selasa (27/10/2015) para anggota kelompok independen akan mengambil kursi menteri adalah sebagai berikut:
Manasye Maelanga- Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri;
Chris Laore- Menteri Kehutanan dan Penelitian;
David Tome- Menteri untuk Pemerintah Provinsi dan Penguatan Kelembagaan;
Elia Doromuala- Menteri untuk Perdagangan, Industri, Pekerjaan dan Imigrasi dan
Jimmy Lusibaea- Menteri Pembangunan Infrastruktur.

Anggota Parlemen dari West Honiara, Namson Tran adalah satu-satunya anggota kelompok independen yang tidak akan bergabung dengan kabinet pemerintahan Sogavare. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sogavare Terus Perkuat Posisinya