TNI Bantu Mobilisasi Pengungsi Embun Es di Lanny Jaya

share on:
Masyarakat memperlihatkan tanaman mereka yang rusak akibat cuaca ekstrim di Lanny Jaya. Jubi/Istimewa
Masyarakat memperlihatkan tanaman mereka yang rusak akibat cuaca ekstrim di Lanny Jaya. Jubi/Istimewa

Jayapura, Jubi – Kodam XVII/Cenderawasih membantu pemerintah kabupaten Lanny Jaya untuk memobilisasi korban embun es di Distik Kuyawage, Distrik Wanobarat dan Distrik Goabaliem.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Herman Asaribab kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (27/10/2015) mengatakan, sekitar 800 warga di tiga distrik tersebut sudah dievakuasi pihaknya dan dibantu oleh pemerintah setempat.

“Bupati baru menghubungi saya dan meminta bantuan mobilisasi pengungsi, dan kami siap membantu” katanya.

Kasdam mengatakan, dirinya sudah diberitahu bahwa Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya mengirimkan bantuan beras sejak dikabarkan terjadi embun es yang melanda tiga distrik tersebut.

Sekedar diketahui, bencana embun es asam sudah terjadi sekitar seminggu lamanya, yakni 21 Oktober 2015, namun pada Minggu (25/10/2015) pagi yang paling parah. “Pemerintah daerah juga sudah mengirimkan bantuan beras. Untuk itu, Kodam XVII/Cendrawasih melalui kodim 1702/Jayawijaya telah dan sedang membantu mobilisasi dan mendistribusikan bantuan makanan.” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Selasa (27/10/2015) mengatakan, fenomena embun es kembali menyerang beberapa distrik di Kabupaten Lanny Jaya yang mengakibatkan ratusan warga harus mengungsi ke daerah-daerah terdekat.

“Sekarang dalam proses evakuasi karena semua tanaman dan ternak di sana mati,” katanya. (Roy Ratumakin)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TNI Bantu Mobilisasi Pengungsi Embun Es di Lanny Jaya