27 PNS Resmi Mengundurkan Diri

share on:
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicholaus Wenda - Jubi/Alex
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicholaus Wenda – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sebanyak 27 Pegawai Negeri Sipil (PNS) resmi mengundurkan diri sebagai abdi negara untuk ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 11 kabupaten di Papua, yang akan berlangsung Desember 2015.

mengaku, sebanyak 27 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut bertarung pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) untuk 11 Kabupaten di Papua sudah mengundurkan diri.

“Yang sudah resmi mengundurkan diri sebanyak 27 orang ikut Pilkada, jadi tidak ada masalah lagi untuk PNS yang maju Pilkada,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua Nicholaus Wenda, di Jayapura, Rabu (28/10/2015).

Menurutnya, pengunduran diri para pegawai sudah disertai dengan Surat Keputusan (SK), sehingga dengan adanya itu mereka tidak bisa lagi kembali menjadi PNS setelah tidak lolos dalam Pilkada nanti.

“Jadi kalau tidak lolos Pilkada, mereka tidak bisa kembali menjadi PNS, hal itu sudah menjadi konsekuensi sesuai aturan yang berlaku,” ucapnya.

Hal tersebut sesuai dengan UU Nomor 68 Pasal 119 yang intinya pimpinan tinggi madya dan pejabat tinggi pratama maju mencalonkan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, walikota atau walikota wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis. Pengunduran diri tersebut harus secara tertulis sejak PNS mendaftarkan diri sebagai calon.

“Memang PNS yang akan maju ke pilkada sesuai aturan harus mengundurkan diri atau berhenti menjadi PNS, karena aturan tersebut sudah diatur dalam undang-undang,” ucapnya lagi.

Aturan pengunduran diri, lanjut Nicholaus, juga sesuai dengan Undang-Undang No 5 Tahun 2014 Pasal 123 ayat 3 yang didalamnya tertuang jika PNS maju peserta Pilkada harus mengundurkan diri. Bagi PNS yang mengundurkan diri dan memenuhi persyaratan maka bisa pensiun dini. Sementara bagi PNS yang belum memenuhi persyaratan pensiun diri dan maju pilkada, maka otomatis harus berhenti menjadi PNS.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Mutasi dan Pensiun Badan Kepegawaian Daerah Papua, Akon Yarangga, Menurut dirinya 27 Pegawai Negeri Sipil (PNS) ikut bertarung di Pilkada pada 11 kabupaten sudah menyelesaikan persyaratan secara lengkap.

“Setelah mereka mengundurkan diri, tidak bisa lagi kembali aktif sebagai PNS. Karena itu sudah dibuatkan SK oleh kabupaten/kota yang ditandatangani langsung oleh bupati, untuk PNS golongan IVb di provinsi yang ikut Pilkada ditandatangani oleh Gubernur, untuk IVC oleh BKN Pusat,” kata Akon.

Dia menjelaskan proses penguduran diri PNS yang ikut Pilkada sudah melalui proses dengan baik sesuai instruksi gubernur, dan telah dilakukan sesuai perintah serta aturan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPU, dimana semua sudah terdata dengan baik. Jadi tidak ada masalah lagi,” ucapnya. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  27 PNS Resmi Mengundurkan Diri