Kukuh Prionggo Pimpin BPK RI Perwakilan Papua

share on:
Serah Terima Kepala BPK RI Perwakilan Papua Dari Pejabat Lama Dori Santoso ke Pejabat Baru Kukuh Prionggo - Jubi/Alex
Serah Terima Kepala BPK RI Perwakilan Papua Dari Pejabat Lama Dori Santoso ke Pejabat Baru Kukuh Prionggo – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kukuh Prionggo resmi memimpin Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua menggantikan pejabat lama Dori Santosa usai Serah terima jabatan yang berlangsung di Sanana Krida Kantor Gubernur Jalan Soa-Siu Dok II Jayapura, Kamis (29/10/2015).

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Papua, Kukuh Prionggo mengatakan langkah pertama yang akan dilakukan dirinya adalah melakukan konsolidasi ke dalam atau internal BPK terkait tugas-tugas di Papua.

“Setelah itu, saya akan melihat bagaimana persiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual,” katanya.

Dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, ujar Kukuh, pihaknya sangat berharap bisa selesai tepat waktu, yakni pada 31 Maret 2016.

“Kami juga mengharapkan komitmen dan dukungan dari provinsi, kabupaten dan kota bagi BPK dalam melaksanakan tugas pengawasan,” ucapnya.

Dia menjelaskan dengan keberadaan BPK di Papua dapat mendorong provinsi, kabupaten dan kota untuk meningkatkan tata kelola keuangan.

“Selain itu, 13 kabupaten yang telah mendapat opini disclaimer diharapkan dapat meningkatkan secara bertahap,” ucapnya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga akan bersinergi dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) untuk mendorong pemerintah daerah dalam tata kelola keuangannya masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menyampaikan terima kasih kepada pejabat lama BPK Dori Santoso yang dalam kepemimpinannya semua daerah di Papua berkomitmen untuk transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan.

“BPK merupakan lembaga mandiri yang independent yang dalam pelaksanaan tugas memerlukan transparansi dari penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu saya ajak seluruh pemerintah provinsi papua maupun kabupaten kota melaksanakan tindak lanjut hasil rekomendasi dari BPK RI,” kata Hery. (Alexander Loen).

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kukuh Prionggo Pimpin BPK RI Perwakilan Papua