Papua Barat Peroleh Tambahan Pasukan Brimob

share on:

Manokwari, Jubi/Antara – Kepolisian Daerah Provinsi Papua Barat memperoleh tambahan pasukan brigade mobil dari Markas Besar Polri untuk memperkuat pengamanan pemilihan kepala daerah di wilayah tersebut.

Kepala Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Papua Barat, Kombes Pol Heri Heriadi di Manokwari, Jumat (30/10/2015), mengatakan bantuan pasukan itu sebanyak dua kompi.

“Satu kompi itu sekitar 125 personel sehingga kalau dua kompi berarti 250 personel,” katanya.

Ia mengatakan penggeseran pasukan brimob dari Mabes Polri ke daerah itu akan dilaksanakan saat minggu tenang menjelang pemungutan suara.

Ia menjelaskan satu kompi akan ditempatkan di Rayon Sorong, sedangkan satu kompi lainnya di Rayon Manokwari.

Heri menyebutkan jumlah pasukan brimob di Papua Barat saat ini masih cukup minim sehingga untuk pengamanan pilkada setempat, Papua Barat membutuhkan tambahan personel.

“Personel kita di Papua Barat baru sekitar 510 personel, yang terbagi di Detasemen A Manokwari dan Detasemen B Sorong. Di Sorong sebanyak 278 personel, sisanya di Manokwari,” kata dia.

Saat ini, kata dia, sejumlah personel sudah diturunkan ke Kabupaten Kaimana, Fak-Fak, dan Manokwari untuk pengamanan tahapan pilkada setempat.

“Untuk Kabupaten Kaimana kita kirim satu satuan setingkat peleton (SST), Fak-Fak satu SST, dan Manokwari dua SST,” katanya.

Untuk kabupaten lain, Polda Papua Barat belum melakukan penggeseran personel sebab polres setempat belum mengajukan permintaan.

Dalam pengamanan pilkada, Satuan Brimob Polda Papua Barat memberikan dukungan kepada satuan kewilayahan dengan harapan pelaksanaan pesta demokrasi di kabupaten/kota di daerah itu berjalan aman dan lancar. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Barat Peroleh Tambahan Pasukan Brimob