Diskon Pajak bagi WP yang Lakukan Revaluasi Aset

share on:
Ilustrasi pajak-pemeriksaanpajak.com
Ilustrasi pajak-pemeriksaanpajak.com

Jayapura, Jubi – Sebagai bagian dari paket kebijakan ekonomi tahap V, Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 191/PMK.010/2015 tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap untuk Tujuan Perpajakan bagi Permohonan yang Diajukan pada tahun 2015 dan tahun 2016.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua Maluku, Eka Sila Kusna Jaya, menegaskan PMK tersebut mengatur diskon pajak bagi perusahaan yang melakukan revaluasi aset tersebut sebelum 2017.

Sila menjelaskan PMK bagi Wajib Pajak Dalam Negeri, Bentuk Usaha Tetap, dan Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pembukuan, termasuk Wajib Pajak yang menyelenggarakan pembukuan dengan bahasa Inggris dan satuan mata uang dollar Amerika Serikat, serta wajib pajak yang masih berada dalam jangka waktu lima tahun sejak dilakukan penilai kembali terakhir.

“Mulai 20 Oktober sampai dengan 31 Desember 2016, pemerintah memberikan perlakuan khusus tarif pajak penghasilan yakni 3 persen untuk permohonan yang diajukan sejak tanggal tersebut. Tarif 4 persen untuk pengajuan permohonan dilakukan sejak 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2016 serta tarif 6 persen untuk permohonan yang diajukan sejak 1 Juli 2016 sampai dengan 31 Desember 2016,” kata Eka Sila, melalui siaran pers yang diterima Jubi, Sabtu (31/10/2015).

“Diskon pajak ini juga akan berlaku pada perusahaan, BUMD, dan Orang Pribadi,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian mengatakan kebijakan revaluasi aset ini dapat dilakukan seluruh elemen perusahaan, baik BUMN, swasta, maupun individu.

Pemerintah juga memperbolehkan perusahaan melakukan revaluasi pada keseluruhan atau sebagaian aset yang dimiliki.

“Bedanya di aturan sekarang, perusahaan yang memiliki pembukuan dan penerimaan dalam mata uang dollar Amerika Serikat diizinkan melakukan revaluasi aset. Dulu tidak boleh,” katanya, dikutip dari Bisnis.com. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Diskon Pajak bagi WP yang Lakukan Revaluasi Aset