Oposisi Salomon Tarik Kembali Mosi Tidak Percaya Terhadap PM Sogavare

share on:
Manasye Sogavare - RNZI Koroi Hawkins
Manasye Sogavare – RNZI Koroi Hawkins

Jayapura, Jubi – Mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare, telah ditarik kembali oleh pemimpin oposisi Yeremia Manele, meski tantangan peradilan terhadap gerakan itu sedang berlangsung.

 

Laporan Radio New Zealand, edisi akhir pekan lalu, mengatakan, pihak parlemen telah mengkonfirmasi satu-satunya hal yang tersisa dalam agenda pada hari Jumat (30/10/2015) adalah agenda pertemuan singkat antara para anggota parlemen untuk menunda pertemuan secara resmi.

 

Keputusan pihak oposisi untuk menjatuhkan gerakan mosi tidak percaya terhadap PM Sogavare berkaitan dengan pelantikan tujuh menteri baru pada Rabu pekan lalu. Ketujuh menteri baru itu dari kelompok independen yang telah bergabung dengan pemerintahan Sogavare.

 

Pada awal pekan lalu, PM Sogavare kehilangan tujuh menterinya karena mengundurkan diri.

 

Gerakan mosi tidak percaya itu telah menguji Undang-undang Integritas Partai Politik baru yang mengatur administrasi dan keanggotaan partai politik. Sementara itu, UU ini tidak mempunyai kekuasaan atau mandate atas gerakan mosi tidak percaya dari anggota parlemen secara individu. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Oposisi Salomon Tarik Kembali Mosi Tidak Percaya Terhadap PM Sogavare