Pemerintah Papua Perlu Mengembangkan Pohon Sagu

share on:
Ilustrasi Lahan Sagu - Jubi/Doc
Ilustrasi Lahan Sagu – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua dinilai perlu mengembangkan tanaman pohon sagu di Papua, di samping komoditi lainnya. Hal itu dikatakan anggota Komisi II DPR Papua, Wilhelmus Pigai kepada Jubi pekan lalu.

Ia mengatakan, ini peluang yang bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, dan bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Papua.

“Saya berharap, Pemprov Papua dalam tahun anggaran 2016 menganggarkan pengadaan bibit sagu untuk pengembangan pohon sagu di berbagai kabupaten yang memiliki potensi pengembangan komoditi sagu misalnya Mimika, Nabire, Jayapura, dan lainnya,” kata Pigai via teleponnya pekan lalu.

Menurutnya, di Kabupaten Mimika, setiap bulannya masyarakat bisa memproduksi  200 ton sagu. Itu berarti kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi. Selain itu, pohon sagu tak kenal musim. Ia akan tetap tumbuh dan menghasilkan sagu baik dimusim panas maupun hujan.

“Jadi saya salah satu komoditas yang harus dikembangkan bangun di Papua adalah perkebunan sagu. Inikan tak bisa dibangun di seluruh Papua, tapi ada daerah-daerah yang memang cocok untuk perkebunan sagu. Potensi ini yang harus dimanfaatkan,” ucapnya.

Sebeumnya pekan lalu, Policy Coordinator Conservation International, Mujiyanto, di Manokwari mengatakan, pemerintah daerah harus memiliki etika menempatkan tanaman sagu sebagai potensi strategis sumber pangan.

Katanya, pemerintah dapat melakukan pengaturan secara baik untuk pengembangan serta melestarikan tanaman sagu alam ini. Investor boleh diberikan hak konsesi, asal tidak mengabaikan tanaman sosial dan lingkungan masyarakat lokal, yang selama ini menggantungkan hidup dari sektor ini.

“Selain memiliki potensi sumber pangan lokal, sagu dapat dikembangkan sebagai komoditas ekspor untuk meningkatkan ekonomi. Poin penting yang harus diperhatikan pemerintah, sagu merupakan identitas Papua dan Papua Barat, sehingga pengelolaannya tidak boleh serampangan,” kata Mujiyanto kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah Papua Perlu Mengembangkan Pohon Sagu