Plt. Ketua DAP Larang Peserta KBMAP III Konsumsi Miras

share on:
Plt. Ketua Harian Dewan Adat Papua, Willem Bonay. Jubi/Marten
Plt. Ketua Harian Dewan Adat Papua, Willem Bonay. Jubi/Marten

Biak, Jubi – Plt. Ketua Dewan Adat Papua (DAP), Willem Bonai melarang seluruh peserta kegiatan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) III mengkonsumsi minuman keras (Miras).

“Kita mau memerangi minuman keras mulai hari ini, demi generasi Papua ke depan,” kata Bonai ketika ditemui Jubi di Gedung Petrus Kafiar, Biak, Papua, Sabtu (31/10/2015)

Kata Bonai, dalam konferensi, salah satu hal yang akan ditegaskan untuk diperhatikan dan dilaksanakan bersama adalah meninggalkan minuman keras.

Sebelumnya, Ketua Jemaat GKI Imanuel Mokmer Klasis Biak Selatan, Pdt. Yesaya Wamafma mengatakan peredaran minuman keras di Biak telah membunuh generasi muda Biak, karena itu pihaknya tidak memperkenankan minuman keras terus beredar di Biak.

“Miras sangat merusak generasi muda di Biak. Terutaman orang Papua, sehingga tidak mengenali jati diri mereka sebagai anak-anak Tuhan dan menggunakan hidup mereka untuk hal-hal yang sia-sia. Karena itu saya minta Miras harus ditiadakan. Kalau mereka bilang Miras yang diharapkan mendatangkan pendapatan daerah bagi saya itu tipu,” katanya.

Menurutnya, mengurangi miras bukanlah penyelesaian, karena tetap ada yang minum. “Tetap anak-anak muda minum karena tidak dapat informasi baik dari orang tua mereka. Anak pendeta saja minum apalagi anak yang orangtuanya bukan pendeta,” katanya belum lama ini saat ditemui Jubi di Biak

Pemerintah daerah setempat diminta tak perlu terlalu berpikir soal PAD yang besar dari minuman keras, sebab masih ada hal lain jika dikelola jauh lebih besar sumbangan PAD-nya buat kabupaten.

Sebelumnya, Bupati Biak Numfor, Thomas Alfa Edison Ondy mengatakan akan menghentikan pemasokan minuman keras ke Biak bila masyarakat adat mau merelahkan tanah adat mereka kepada pemerintah daerah untuk membangun sejumlah sarana yang bisa mendatangkan PAD untuk Kabupaten Biak Numfor. (Marten Boseren)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Plt. Ketua DAP Larang Peserta KBMAP III Konsumsi Miras