Satgas Pemadan Kebakaran Akan Bertugas Hingga Pertengahan Desember

share on:
bersalaman
Prajurit TNI sedang bersalaman dengan Pangdam di Bandara Mopah-Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian Minggu (1/11/2015) menerima 1 SSK prajurit TNI dari Kabupaten Mimika di Bandara Mopah-Merauke. Kedatangan para prajurit yang berjumlah 100 orang itu, nantinya akan membantu melakukan pemadaman api di berbagai titik di Merauke serta Mappi.

Saat ditemui sejumlah wartawan tadi siang, Pangdam mengatakan, dengan penambahan 100 personil TNI, jumlah secara keseluruhan sudah mencapai kurang lebih 500 prajurit yang ditempatkan di berbagai titik di wilayah pedalaman maupun pinggiran Kota Merauke serta Mappi guna melakukan pemadaman api.

Selain TNI, demikian Pangdam, juga aparat kepolisian, SAR dan masyarakat terlibat secara langsung. “Kita menargetkan prajurit tersebut bertugas hingga pertengahan Desember 2015. Namun, itu tidak mutlak. Tergantung situasi, apalagi kabut asap di Timika sekarang, berangsusur kurang dan aktivitas masyarakat berlangsung sebagaimana biasa termasuk penerbangan,” katanya.

Prajurit yang baru datang, katanya, akan ditempatkan di beberapa lokasi. Mereka membaur bersama prajurit lain yang sudah mendahului sejak beberapa waktu lalu untuk melakukan kegiatan pemadaman api.

Diakui jika dengan kegiatan pemadaman yang dilakukan secara rutin tiap hari, lokasi titik api sudah mengalami pengurangan terutama di Distrik Tabonji. “Kami juga selalu melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Merauke guna memantau titik api yang terisa,” ujarnya.

Ditambahkan, saat melakukan pemadaman kebakaran, kegiatan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat sekaligus mengingatkan agar tidak membakar hutan sembarangan. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Satgas Pemadan Kebakaran Akan Bertugas Hingga Pertengahan Desember