Pengendara Roda Dua Tak Pakai Helm Didenda Rp. 200 Ribu

share on:
Ilustrasi Polantas Polresta Jayapura Memeriksa Kelengkapan Pengendara Roda Dua - Jubi/Doc
Ilustrasi Polantas Polresta Jayapura Memeriksa Kelengkapan Pengendara Roda Dua – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Satuan Lalu Kepolisian Resort Jayapura Kota, terus melakukan razia rutin yang dikenal dengan sebutan Operasi Zebra di wilayah hukumnya. Tujuannya menyadarkan masyarakat pengguna kendaraan akan pentinganya keselamatan berlalu lintas, terutama pengendara roda dua yang biasanya tak menggunakan pengaman kepala alias helm.

Kepala Satuan Lalua Lintas (Kasat) Lantas Polres Jayapura Kota, Ajun Komisarir Polisi Faisal mengatakan, dalam razia selain memeriksa kelengkapan kendaraan, juga memeriksa kelengkapan pengendara, terumasuk penggunaan helm untuk pengendara roda dua.

Katanya, jika ada pengendara roda dua yang kedapatan tak mengenakan helm akan dikenai denda atau tilang sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam undang-undang lalu lintas, pengendara yang tak memakai helm dikenakan tilang Rp. 200 ribu.

“Semua tergantung pasal yang dilanggar pengendara. Kalau tilang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNBK) itu untuk kendaraan roda dua yang sudah lama dipakai, tapi tak dilengkapi TNBK. Kalau motor yang baru dibeli sekarang kan TNBK nya belum ada. Hanya dilengkapi surat – surat. Apalagi kini stok bahan TNBK se Indonesia tak ada,” kata Faisal, Senin (2/11/2015).

Menurutnya, pelanggaran diberi dua pilihan untuk pembayaran tilang. Pertama bayar ditempat melalui sidang di tempat, atau melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Razia kami lakuka rutin setiap hari. Mengenai lokasi, tergantung situasi. Waktunya juga tak tetap. Namun belakang kami lihat, kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas di Kota Jayapura mulai mengalami peningkatan. Ini dibuktikan minimnya pelanggar yang terjaring ketika razia,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Patrige Renwarin. Katanya, mewujudkan tertib lalu lintas tak hanya menjadi tugas polisi, namun dibutuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terutama pengendara roda dua dan empat. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pengendara Roda Dua Tak Pakai Helm Didenda Rp. 200 Ribu