Polda Papua Gelar Seminar Pilar Polmas Tingkat Kabupaten

share on:

Sentani, Jubi – Kepolisian Masyarakat (Polmas) adalah salah satu Rencana Strategi (Rensra) kepolisian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai lembaga yang melaksanakan tugas keamanan di tengah masyarakat. Rensra Polmas sudah diterapkan sejak tahun 2005.

Untuk mewujudkan Rensra tersebut, Polda Papua melalui Polres Jayapura menggelar seminar tentang pembentukan pilar Polmas, Penetuan Model Implementasi Polmas tingkat Kabupaten di salah satu hotel ternama di Kota Sentani yang dihadiri pihak Pemerintah Kabupaten Jayapura, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Pemuda, dan Tokoh Adat serta perwakilan TNI.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam sambutannya mengatakan, sebagai pintu masuk dan tempat tinggal beragam suku dan agama, maka kabupaten itu berpotensi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kondisi kantibmas di Kabupaten Jayapura saat ini adalah tanggung jawab kita secara umum, sekalipun kita mempunyai petugas keamanan yang telah dipersiapkan, pemerintah dalam hal ini akan turut membantu pihak keamanan, termasuk masyarakat di dalamnya,” katanya, Senin (2/11/2015).

Menurut dia, seminar tersebut merupakan fondasi utama dalam memelihara kantibmas di kabupaten itu.

Direktur Bimbingan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Heb Dehen mengatakan, seminar tersebut diikuti sejumlah komponen masyarakat. Sistem keamanan yang diharapkan timbul dari diri sendiri untuk menjadi polisi bagi dirinya.

“Rensra dalam model ini hanya sebagai media untuk dikerjakan secara bersama, karena keamanan yang kita maksud tidak akan berjalan apabila tidak didukung oleh semua kita yang ada,” katanya. (Engel Wally)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polda Papua Gelar Seminar Pilar Polmas Tingkat Kabupaten