Puluhan Keluarga Korban Penembakan Datangi Polres Merauke

share on:
pertemuan
Keluarga korban penembakan, Emerikus sedang melakukan pertemuan bersama Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Puluhan keluarga korban penembakan Emerikus Konakem (23) mendatangi Polres Merauke Senin (2/11/2015) untuk meminta Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sri Satyatama segera memproses secara hukum oknum anggota polisi yang melakukan tindakan penembakan beberapa hari lalu, hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Keluarga korban penembakan berjalan kaki dari Buti, Kelurahan Samkai menuju ke Polres. Kedatangan mereka diterima oleh Kapolres Merauke bersama sejumlah perwira. Hadir juga Tokoh Masyarakat Mappi di Merauke, Albert Muyak serta beberapa sesepuh masyarakat Mappi lainnya.

Salah seorang sesepuh dari Kabupaten Mappi, Thero Erro dalam dialog mengatakan, kasus penembakan terhadap Emerikus dinilainya ada kejanggalan. Kalaupun dia bersalah, harus dapat dicari tahu sejauhmana perbuatan yang dilakukan. Sehingga dapat ditangkap dan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Dengan penembakan yang dilakukan itu, lanjut dia, keluarga merasa sangat kecewa berat. Olehnya, kehadiran warga Mappi di Polres dengan harapan besar agar kasus dimaksud, diusut tuntas dan pelakuknya diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Ditambahkan, secara manusiawi, keluarga merasa kecewa dengan langkah yang dilakukan oknum aparat kepolisian melakukan tindakan penembakan tersebut. Mestinya ada cara lain yang bisa dilakukan jika Emerikus melakukan tindakan kurang berkenan terhadap orang lain.

Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama mengatakan, kasus tersebut akan ditangani sekaligus dapat dibuktikan apakah anggota salah atau tidak dalam mengambil langkah menembak Emerikus.

“Kami akan meminta bantuan dari Propam Polda Papua agar timnya datang di Polres Merauke melakukan pemeriksaan terhadap anggota tersebut. Jika kami lakukan pemeriksaan, nantinya bisa dipertanyakan pihak keluarga tentang netralitas. Intinya, akan dilihat apakah penembakan sudah sesuai prosedur atau tidak,” ujar Kapolres. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan Keluarga Korban Penembakan Datangi Polres Merauke