Kalapas Wamena dan Dua Sipir Diperiksa Polisi

share on:

Wamena, Jubi – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIB Wamena, Daniel Rumsowek dan dua sipir diperiksa polisi atas kaburnya 26 tahanan dan narapidana di lapas tersebut pada Senin (2/11/2015) sekitar pukul 11.00 WIT.

“Kita masih melakukan pendalaman kepada para pegawai lapas ini, di mana kita coba lakukan penyidikan untuk menemukan apakah ada unsur kelalaian atau kesengajaan untuk selanjutnya diserahkan ke pasal 223 atau 426 KUHP untuk menentukan apakah ada kelalaian atau kesengajaan atas kaburnya para tahanan Lapas Wamena tersebut,” Kasat Reskrim Polres Jayawijaya, Iptu I Wayan Laba ketika ditemui Jubi di ruang kerjanya, Selasa (3/11/2015).

Pihaknya belum menyimpulkan apakah ada kelalaian atau kesengajaan yang dilakukan para petugas Lapas. Namun pihaknya menduga adanya kelalaian pada petugas jaga, sedangkan soal apakah ada unsur kesengajaan masih diselidiki.

Dari pengejaran polisi, empat orang napi didapat, sementara dua lainnya menyerahkan diri ke polisi setelah negosiasi dengan keluarga para tahanan Kejaksaan Wamena atas nama Irfendi (kasus narkoba) dan Simon Wuka (kasus pencurian) yang sebelumnya melarikan diri bersama 24 rekannya. Keduanya bersedia mengikuti proses hukum.

Secara keseluruhan, Polres Jayawijaya telah berhasil menangkap kembali enam orang tahanan yang kabur. Sedangkan 19 orang lainnya sedang dalam pengejaran intensif. Kepolisian berharap itikad baik belasan tahanan tersebut untuk menyerahkan diri.

“Sesuai arahan Kapolres kita akan melakukan tindakan tegas terukur dan bila perlu dilakukan penembakan,” tegasnya.

Adapan para tahanan dan narapidana yang saat ini dalam pelariannya terdiri dari berbagai kasus seperi kasus pencurian, penganiayaan dan yang paling menonjol adalah kasus penyerangan terhadap Polsek Pirime dengan inisial NW dan WT.

“Jadi, tahanan kejaksaan Negeri Wamena 3 orang, narapidana 4 orang dan tahanan Pengadilan Negeri Wamena ada 18 orang,” katanya.

Sebelumnya Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thabaa menegaskan kaburnya tahanan dari Lapas II B Wamena kali ini, cukup membuat pihak kepolisian gerah yang sudah berulang-ulang kali terjadi.

“Saya berjanji akan bekerja semaksimal mungkin, kini satuan saya sedang melakukan pengejaran ke arah pedalaman sekalipun, saya sudah perintahkan timsus dan reskrim bila mememukan mereka (napi kabur) dan mencoba melarikan diri lagi maka tembak saja, karena saya sudah sangat gerah dengan kejadian serupa seperti ini,” tegas Kapolres. (Islami)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kalapas Wamena dan Dua Sipir Diperiksa Polisi