Kewenangan Pilih Waki Bupati Sudah Diserahkan ke DPRD Biak

share on:
Bupati Biak Numfor, Thomas Ondy - Jubi/dok
Bupati Biak Numfor, Thomas Ondy – Jubi/dok

Biak, Jubi – Bupati Biak Numfor, Papua. Thomas Alfa Edison Ondy, mengatakan kewenangan memilih wakil bupati sudah diserahkan kepada DPRD setempat.

Meski demikian kata bupati DPRD setempat belum melakukan pemilihan karena masih menungguh surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta.

“Surat Mendagari berisi izin dan tata tertib pemilihan sedangkan surat KPU Pusat berisi tentang verifikasi partai politik pendukung. Tinggal menunggu dua surat itu lalu pemilihan wakil bupati dilakukan,” jelas bupati kepada Jubi, Senin (2/11/2015) di Biak.

Soal kapan pelaksanaan pemilihan wakil bupati dilakukan oleh DPRD setempat kata bupati disesuaikan dengan waktu penerimaan surat dari Mendagri dan KPU.

Sedangkan mengenai calon wakil bupati kata bupati selain telah disiapkan oleh koalisi, selaku bupati, ia juga telah menyiapkan calon wakil bupati mengingat hingga kini koalisi tidak bekerjasama dengan bupati.

“Saya tetap pada pendirian saya, sebagai bupati mencalonkan wakil bupati karena wakil bupati adalah pembantu bupati bukan lawan bupati. Jadi wakil bupati harus sepikiran dengan bupati,” katanya.

Untuk itu, Bupati meminta koalisi harus melapor calon wakil bupati yang disiapkan kepadanya dan tidak bisa antar langsung ke DPRD karena yang melakukan kampanye politik dan pendanaan politik saat Pilkada adalah kandidat dan koalisi.

“Kalau misalnya koalisi melakukan perlawanan lalu wakil bupati itu orang yang berlawanan degan bupati saya akan lakukan penguncian melalui sistem undang-undang,” ujar bupati

Salah satu tokoh pemuda di Biak, Rudolf Boy Ronsumbre berharap pemilihan wakil bupati Biak segara dilakukan agar membantu bupati dalam menjalankan tugas – tugas pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor. (Marten Boseren)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kewenangan Pilih Waki Bupati Sudah Diserahkan ke DPRD Biak