Komisi IV DPR Papua akan Upayakan Perbaikan Dermaga Sarmi

share on:
Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir - Jubi/Doc
Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Komisi IV DPR Papua bidang Infrastruktur menyatakan, akan berupaya mendorong perbaikan pelabuhan di Kabupaten Sarmi. Hal itu dinyatakan Ketua Komisi IV DPR Papua, Boy Markus Dawir usai komisinya melakukan kunjungan kerja ke kabupaten tersebut, akhir pekan lalu.

Kata Boy, ia bersama beberapa anggota komisinya melihat kondisi pelabuhan Sarmi. Ada beberapa hal yang perlu dibehani di pelabuhan itu. Salah satunya pengembangan dermaga. Komisi IV DPR Papua akan berupaya mendorong agar bisa dianggarkan dari dana APBD Provinsi Papua.

Menurutnya, pelabuhan salah satu fasilitas penghubung yang vital di Kabupaten Sarmi. Tak hanya sebagai jalur pelayanan masyarakat, namun juga demi kepentingan pembangunan di wilayah tersebut.

“Komisi IV DPRP akan konsentrasikan rencana perbaikan Pelabuhan Sarmi, yang merupakan pintu kedua pembangunan di Sarmi. Salah satunya dengan membangun pemecah ombak,” kata Boy, Selasa (3/11/2015).

Menurutnya, letak Kabupaten Sarmi yang berada di pinggir laut Pasific, mengakibatkan kapal sulit berlabuh ketika musim ombak, karena bisa membahayakan keselamatan kapal.

“Kami juga mempertanyakan pemindahan lokasi pembangunan dermaga ke Pulau Wakde, Distrik Sarmi Timur. Kami berencana akan merapatkan masalah ini dengan Dinas Perhubungan Papua dalam waktu dekat,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan anggota Komisi IV DPR Papua, Sadrak Nawipa. Menurutnya, pihaknya akan mempertanyakan apa tujuan pembangunan dermaga di Pulau Wakde. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi IV DPR Papua akan Upayakan Perbaikan Dermaga Sarmi