Pemkab Lanny Jaya Gelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat

share on:
Peserta ketika menerima pembagian soal ujian-Jubi/Islami
Peserta ketika menerima pembagian soal ujian-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kabupaten Lanny Jaya menggelar ujian penyesuaian ijazah atau kenaikan pangkat bagi para CPNS dan PNS di lingkungan pemerintah kabupaten tersebut.

Asisten I Setda Lanny Jaya, Leteren Yigibalom di aula Stiper Wamena, Jayawijaya, Kamis (5/11/2015) menjelaskan, dengan adanya ujian tersebut para pegawai negeri dapat memperbaiki nasibnya.

“Pemerintah daerah harapkan setelah pelaksanaan ujian dinas ini dalam rangka penyesuaian ijazah, yang tadinya diterima pegawai dengan ijazah apa yang ada seperti ijazah SMP, SMA mereka ada kesempatan memperbaiki nasib mereka melalui ujian dinas ini,” kata Leteren.

Setelah memperoleh sertifikat ujian dinas, pada tahap berikutnya penyesuaian ijazah dan bakat. Maka diharapkan agar mereka memiliki kompetensi.

“Selanjutnya adalah mengarah pada kualitas PNS di dalamnya bicara masalah kapasitas dan kapabilitas. Pemerintah daerah akan terus mendorong mereka melalui pendidikan-pendidikan dan pelatihan, dalam hal ini pendidikan diklat (pendidikan dan pelatihan) tingkat I, II, II dan IV. Setelah mereka mengikuti ujian ini, mereka juga diharapkan mampu menyesuaikan dengan keadaan yang sekarang dihadapi,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kabupaten Lanny Jaya, Tiben Kogoya menambahkan, pelaksanaan ujian tersebut menjadi dasar pengangkatan mereka sebagai CPNS.

“Misalnya, ada yang diangkat dari ijazah SMP, kemudian setelah itu memperoleh ijazah SMA atau paket C atau yang dari DII diangkat ke tingkat lebih tinggi. Kali ini baru delapan orang yang ikut, masing-masing satu orang dari DIII ke S1, kemudian dari SMA ke S1 yang lain adalah golongan dua,” kata Tiben.

Menurutnya, hal ini atas perhatian pemerintah daerah bagi mereka yang berusaha memperbaiki kualitas dan pengetahuan dengan memperoleh atau melanjutkan pendidikan lebih tinggi dari ijazah sebelumnya.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang, kita akan datakan lagi lebih banyak berapa jumlah yang harus mengikuti penyesuaian ijazah, karena belum terdeteksi mereka yang ada di distrik-distrik atau sekolah-sekolah yang jauh dari ibu kota kabupaten,” jelasnya. (Islami)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Lanny Jaya Gelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat