Puskesmas Sota Layani Warga PNG

share on:
kesehatan
Kadis Kesehatan Merauke, Stefanus Osok. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Orang dari Negara Papua Nugini (PNG) sering datang ke Puskesmas Sota untuk berobat. Meskipun dari negara lain, namun petugas medis di puskesmas, tetap memberikan pelayanan sebagaimana biasa tanpa memungut biaya sepersen-pun.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Stefanus Osok saat ditemui Jubi Jumat (8/11/2015). “Siapapun yang datang termasuk orang Papua Nugini, tetap dilayani sebagaimana biasa. Tidak ada pungutan biaya yang diambil petugas,” ujarnya.

Meskipun tanpa menyebutkan jumlah warga PNG yang datang berobat di Puskesmas Sota, umumnya itu adalah para pelintas batas. “Ya, kita tidak memandang dia itu dari Negara PNG, tetapi kalau sakit, tentu harus dilayani,” ujarnya.

Ditambahkan, warga dari negara tetangga tersebut ketika datang berobat di Sota, tetap diwaspadai. Karena tidak menutup kemungkinan, ada penyakit baru yang dibawa dari sana. “Untuk takut melayani mereka saya kira tidak. Tetapi harus tetap diwaspadai,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolsek Sota, Iptu Ma’aruf mengatakan, dalam sehari, jumlah pelintas batas dari PNG yang datang di Sota mencapai 25 orang. Mereka datang semata-mata berbelanja atau melihat keluarganya. Karena masih ada hubungan darah. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puskesmas Sota Layani Warga PNG