DPT Pilkada Serentak 11 Kabupaten di Papua 1.031.627 Jiwa

share on:
Ketua KPU Papua, Adam Arisoi (kanan) dan Ketua Bawaslu Papua, Robert Horik (kiri) - Jubi/Arjuna
Ketua KPU Papua, Adam Arisoi (kanan) dan Ketua Bawaslu Papua, Robert Horik (kiri) – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menyatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 11 kabupaten di Papua, 9 Desember 2015 mendatang sebanyak 1.031. 627 jiwa.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, DPT itu sudah ditetapkan. Untuk DPT B atau pemilih tambahan, hanya ada di Kabupaten Supiori, Bovendigoel, dan Merauke.

“DPT B yaitu pemilih yang tak terdata ketika pemuktahiran DPT. Setelah diumumkan yang bersangkutan mengklarifikasi. Tapi itu tak signifikan dan mereka akan pakai surat suara cadangan sebanyak 25 persen,” kata Adam di Polda Papua, Senin (9/11/2015).

Adam juga tak khawatir mengenai adanya kemungkinan pemilih ganda pada Pilkada serentak mendatang. Menurutnya, undangan pencoblosan kini berbeda dengan sebelumnya.

“Kalau dulu undangan dicetak tak mencantumkan nama, kini sudah lengkap. Nama dan alamat pemilih langsung dicetak. Tapi kami harap petugas di lapangan bisa jeli melihat itu,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan para kepala daerah yang masih aktif dan belum dapat ijin kampanye dari Gubernur Papua, tak berkampanye atau mendampingi salah satu pasangan calon.

Di tempat yang sama, Assiten II Pemprov Papua, Elia Loupatty juga mengingatkan para PNS di Papua tak terlibat dalam Pilkada. Katanya, secara undang-undang, aturannya sudah jelas.

“PNS harus tahu diri. Jangan melibatkan diri dalam perbuatan tercelah. Silahkan hati dukung si A, tapi jangan menonjolkan itu ke masyarakat karena aparatur negara harus jadi contoh dan teladan masyarakat,” kata Loupatty. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPT Pilkada Serentak 11 Kabupaten di Papua 1.031.627 Jiwa