Anggota DPRD Minta ASDP Buka Rute Baubau-Kadatua-Siompu

share on:

Kendari, Jubi/Antara – Anggota DPRD Buton Selatan Sulawesi Tenggara La Witiri, minta PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry membuka rute Baubau-Pulau Kadatua-Pulau Siompu karena masyarakat membutuhkannya.

“Masyarakat Pulau Kadatua dan Pulau Siompu sangat mengharapkan ada rute penyeberangan Baubau-Kadatua-Siompu pulang pergi minimal tiga kali sampai empat kali sehari,” kata La Witiri, di Kendari, Selasa (10/11/2015).

Menurutnya, belum tersedianya kapal penyeberangan Baubau-Kadatua-Siompu, menyebabkan biaya transportasi masyarakat di dua pulau tersebut mahal.

Untuk menyeberang di Baubau untuk ke Batauga, ibukota Kabupaten Buton Selatan, warga Pulau Kadatua di beberapa desa seperti Desa Kaofe dan Uwe Maasi membutuhkan biaya paling murah Rp 75 ribu.

Padahal, kata dia, bila dihubungkan dengan kapal penyeberangan yang bisa membuat mobil angkutan umum, biaya transportasi paling tinggi hanya Rp 20 ribu.

Demikian pula dengan warga Pulau Siompu yang menyeberang ke Baubau, membutuhkan biaya paling sedikit Rp 150 ribu.

“Kalau Siompu-Buabau dihubungkan dengan kapal penyeberangan, paling tinggi biaya transportasi dari Siompu ke Baubau hanya Rp30 ribu,” katanya.

Karenanya, untuk menekan biaya transportasi yang cukup tinggi di dua pulau tersebut, ia mengharapkan ASDP segera membuka rute penyeberangan yang melayani kedua pulau itu. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggota DPRD Minta ASDP Buka Rute Baubau-Kadatua-Siompu