Disdik Kota Jayapura : Test Urine Bukan Sekedar Wacana

share on:
I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura - Jubi/Munir
I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura – Jubi/Munir

 

 

 

 

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa menegaskan bahwa adanya wacana untuk melakukan tes urine kepada tiap siswa di sekolah adalah sebuah keniscayaan.

“Kami saat ini berkoordinasi dengan BNN, dan ini sebuah real time, kita harus bicara apa adanya kalau sudah oke kita akan turun lapangan seperti yang dilakukan Pemkot Jayapura kemarin,” katanya kepada Jubi, Selasa (10/11/2015).

Wayan menegaskan akan tetap melakukan tes urine kepada seluruh peserta didik seperti dikemukakan awal tahun ajaran baru, mulai dari jenjang sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah umum dan kejuruan. Selain upaya memetakan sekolah yang rawan dengan kantong-kantong narkoba, diikuti dengan upaya rehabilitasi yang dilakukan kepada siswa.

“Asalkan mereka bisa sadar dan tidak mengulang kembali,” ujarnya.

Pihaknya bakal berkoordinasi dengan BNN soal biaya tes urine. “Karena kami sudah MoU, apa budgetnya dari BNN semua atau dibebankan ke orangtua. Yang jelas dalam waktu dekat kita lakukan tes urine untuk semua sekolah minimal SMA/SMK,” katanya.

Upaya ini merupakan langkah pencegahan dini narkoba masuk ke sekolah baik yang ada di dalam atau pun di luar sekolah. “Kita juga ingin sosialisasi kepada orangtua untuk perang kepada narkoba,” lanjutnya.

Kepala Sekolah SMK 3 Jayapura, Melky Mawene mendukung rencana tes urine kepada setiap peserta didik di lingkungan dinas Pendidikan Kota Jayapura.

“Keinginan kita bisa semua diakomodir tentang pembiayaannya dari BNN bukan dibebankan kepada para peserta didik,” katanya. (Sindung Sukoco)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disdik Kota Jayapura : Test Urine Bukan Sekedar Wacana