FSM Sumbang Kano Untuk Perkebunan Carolina Selatan

share on:
FSM dapat sumbangan Wa'a - Courtesy RNZI dari Wa'agey Pelestarian Budaya dan Program Bimbingan
FSM dapat sumbangan Wa’a – Courtesy RNZI dari Wa’agey Pelestarian Budaya dan Program Bimbingan

Jayapura, Jubi – Orang-orang dari Yap di Negara Federasi Mikronesia (NFM) menerima sumbangan perahu tradisional dari masyarakat negara Amerika, dari Carolina Selatan.

Donasi tersebut berterima kasih atas bantuan yang ditawarkan oleh Carolinians Selatan setelah adanya bencana Topan Maysack yang menimpa Yap.

Pemahat master di Yap membuat sampan dari pohon sukun dan mahoni yang tumbang akibat diterpa topan super yang menghancurkan negara bagian Yap dan Chuuk pada bulan Maret meninggalkan lima orang tewas.

Seorang wakil dari tim pemahat Larry Raigetal mengatakan kapal cano atau Wa’a adalah perahu untuk satu orang atau tunggal yang dapat dipamerkan di museum atau cukup fungsional untuk mengambil udang di sungai saat air pasang surut di Carolina Selatan.

“Harapan saya adalah bahwa, ya mereka dapat menggunakannya untuk mendayung di sekitarnya dan pergi menangkap ikan atau apa pun. Jadi kita hanya memberikannya kepada mereka sebagai hadiah yang kami katakan kepada mereka bahwa itu adalah perahu yang dapat digunakan untuk tujuan yang telah ditetapkan . Namun bagaimana mereka menggunakannya adalah sesuatu yang saya belum tahu,” kata Larry Raigetal, mengutip Radio New Zealand, Selasa (10/11/2015).

Pemahat Master merupakan bagian dari pelestarian dan bimbingan program budaya di Yap yang disebut Wa’agey. Wa’a akan dikirim ke perkebunan abad ke-17, Point of Pines, di Pulau Edisto di South Carolina.

Dana pendidikan Habele di pulau luar terkoordinasi baik untuk upaya bantuan dan pengiriman Wa’a yang akan didedikasikan dan ditugaskan di pulau Edisto di musim semi. (Yuliana Lantipo)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  FSM Sumbang Kano Untuk Perkebunan Carolina Selatan