Pemprov Papua Serahkan SK Bupati Sarmi dan Wakil Bupati Jayapura

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Menyerahkan SK Mendagri Tentang Pemberhentian Bupati Sarmi Kepada Wakil Bupati Sarmi Albertus Suripno - Jubi/Alex.
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Menyerahkan SK Mendagri Tentang Pemberhentian Bupati Sarmi Kepada Wakil Bupati Sarmi Albertus Suripno – Jubi/Alex.

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo tentang pemberhentian Bupati Kabupaten Sarmi, Mesak Manibor yang tersandung kasus korupsi dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Roberth Djoenso Darean yang meninggal karena sakit.

SK Mendagri nomor 132 poin 91-5857 tahun 2015 tentang pemberhentian Wakil Bupati Kabupaten Jayapura diterima langsung Sekretaris Daerah Jerry F Dien. Sementara SK nomor 131 poin 91-5878 tahun 2015 tentang pemberhentian Bupati Sarmi diterima langsung oleh Wakil Bupati Albertus Suripno.

“Surat pemberhentian bupati Sarmi dan pergantian wakil bupati Jayapura sudah menjadi referensi hukum untuk pemerintah di dua kabupaten untuk memproses,” kata Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu (11/11/2015)

Untuk pergantian wakil bupati Kabupaten Jayapura, Hery Dosinaen meminta Sekretaris Daerah dan Sekretaris Dewan untuk segera memproses lewat sidang paripurna DPRD, usai partai pemenang mengusulkan dua calon kandidat.

“Atas dasar ini, saya harapkan Sekda bisa mengkoordinir semua aparatur di Kabupaten Jayapura bisa melaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Sementara dengan diberhentikannya Mesak Manibor sebagai Bupati Sarmi, ujar Hery, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menunjuk saudara Albertus Suripno sebagai pelaksana tugas bupati.

“Jadi tugas bupati Sarmi sekarang dipegang oleh wakil bupati, keputusan ini sudah sah,” kata Hery.

Menanggapi itu, Hery meminta Wakil Bupati Sarmi Albertus Suripno dan Sekda kabupaten Jayapura Jerry F Dien, untuk melaksanakan dan bertanggung jawab akan tugas dan amanat negara dalam menjalankan roda pemerintahan di kabupaten masing-masing.

“Silahkan surat ini dikasih juga kepada pihak DPRD dan Mesak Manibor untuk dapat dilaksanakan. Semoga anda bisa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab,” katanya. (Alexander Loen)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Serahkan SK Bupati Sarmi dan Wakil Bupati Jayapura