Rakit Tradisional Akan Mengulang Perjalanan Kuno Bersejarah Untuk Ilmu Pengetahuan

share on:
Anggota ekspedisi Kontiki2. - KONTIKI2
Anggota ekspedisi Kontiki2. – KONTIKI2

Jayapura, Jubi – Dua rakit tradisional akan membuat perjalanan pulang-pergi dari Peru ke Rapa Nui dengan harapan perjalanan mereka akan membantu para ilmuwan serta memberikan wawasan sejarah kedaerahan.

Kontiki2 ekspedisi ini dinamai Kontiki asli yang berlayar dari Amerika Selatan ke pulau-pulau Tuamotu pada tahun 1947.

Chief Technology Officer Hakon Lie mengatakan perjalanan saat ini, yang dimulai minggu ini, bisa memakan waktu sekitar empat bulan.

Lie mengatakan mereka berharap dapat menunjukkan bagaimana kedua rakit tradisional itu—Polinesia dan Amerika Selatan kuni itu dapat bepergian melalui rute berabad-abad yang lalu pernah dilalui.

Dia mengatakan rakit itu juga akan mengumpulkan data-data ilmiah. “Kami sedang mencari plastik di laut. Kami mencoba untuk melihat apakah perubahan iklim telah mencapai Pasifik selatan. Kita akan mengukur suhu, salinitas, kadar oksigen, banyak faktor yang ilmuwan sangat tertarik. Kami membawa banyak instrumen ilmiah di atas rakit yang sangat tradisional yang adalah apa yang kita percaya sebagai Inca yang berlayar 500 tahun yang lalu,” kata Lie, mengutip Radio New Zealand, Selasa (10/11/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rakit Tradisional Akan Mengulang Perjalanan Kuno Bersejarah Untuk Ilmu Pengetahuan