Asrama Mahasiswa Kabupaten Jayapura Di Manado Rusak Parah

share on:
papan nama asrama mahasiswa di Manado - Jubi / Ist
papan nama asrama mahasiswa di Manado – Jubi / Ist

Sentani, Jubi – Asrama Mahasiswa Kabupaten Jayapura yang berada di Kota Manado, Sulawesi Utara saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

“Asrama mahasiswa tidak terurus dengan baik. Seluruh ruangan didalam asrama ini tidak mencerminkan layaknya sebuah asrama. Botol-botol minuman keras di mana-mana, dari ruang tamu sampai dengan dapur, mirip sebuah gudang,” jelas Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura, Bilce Mehue melalui telepon selulernya, Jumat (13/11/2015).

Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura saat ini sedang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke asrama yang berada di pusat Kota Manado.

Katanya, ada 40 mahasiswa yang tinggal di asrama tersebut, empat diantaranya adalah mahasiswa asal Kota Jayapura.

“Kedatangan kami ke sini sepertinya sudah diketahui, sehingga asrama benar-benar dikosongkan dari para penghuninya. Sementara data yang kami himpun dari sumber yang dipercaya di sini, ada mahasiswa yang sudah berkeluarga tapi tinggal di asrama,” ujarnya.

Bilce mengatakan, pihaknya mengevaluasi bersama instansi terkait, secara khusus dengan bupati untuk mencari solusi terbaik bagi aset Kabupaten Jayapura.

“Asrama ini harus diawasi oleh pihak dinas dengan menempatkan beberapa petugas di asrama untuk mengontrol dan mengatur semua aktivitas di asrama dan semua keperluan mahasiswa yang tinggal di asrama tersebut. Kalau sudah seperti ini kondisi asramanya, bagaimana dengan mahasiswanya? Apa harapan orang tua mereka yang telah mengirim mereka jauh-jauh untuk menuntut ilmu di tanah orang,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura, Stenly Ondikleuw. Menurutnya, asrama tersebut harus direhab dan mahasiswa yang akan dikirim ke Manado harus diseleksi dan benar-benar mempunyai komitmen untuk menyelesaikan studinya.

“Bangunan tidak terurus dan ditambah mahasiswa yang ada diasrama ini sama sekali tidak punya rasa tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi mereka sendiri sebagai mahasiswa. Kedepan harus lebih selektif lagi,” tandasnya. (Engel Wally).

Editor : Angela Flassy
Sumber : Jubi
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Asrama Mahasiswa Kabupaten Jayapura Di Manado Rusak Parah