Pemkot Ambon Evaluasi RPJM 2006-2026

share on:

Ambon, Jubi/Antara – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2006-2026 untuk disesuaikan dengan perkembangan di masyarakat.

“Evaluasi dilakukan karena sejak RPJM tahun 2006-2020 ditetapkan, terjadi perubahan berbagai aspek di masyarakat. Tahun 2015 telah mencapai sembilan tahun maka perlu dievaluasi,” kata Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappekot) Ambon, Febby Maail, di Ambon, Rabu (11/11/2015).

Menurutnya, pembangunan harus dinamis guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan Pemkot Ambon.

Menurutnya, evaluasi perlu dilakukan guna mengikuti dinamika kebutuhan masyarakat serta harus melibatkan stakeholder terkait seperti lembaga organisasi agama, masyarakat, dan pemuda.

“Agenda besok (12/11) melibatkan internal SKPD dan staf Pemkot Ambon,” katanya.

Febby menyatakan banyak perubahan yang terjadi dan perlu dilakukan penyesuaian seperti uandang-undang tentang desa, perubahan iklim dunia, pengelolaan teluk, pesisir, pulau-pulau kecil, serta penanganan HIV/AIDS.

Diakuinya, evaluasi yang dilakukan mendapat perhatian dan masukan dari stakeholder yakni pengelolaan dana desa, penguatan peran pemuda di pemerintahan, hak ulayat seperti tanah adat yang banyak menjadi sengketa, serta batas wilayah desa dan negri.

Hak Asasi Manusia (HAM) seperti penyediaan ruang khusus untuk ibu menyusui di ruang publik, penanganan pengemis, orang gila, serta penyediaan fasilitas untuk penyandang disabilitas, juga mendapat perhatian.

Febby menambahkan pihaknya akan melakukan koordinasi guna mengetahui perubahan pembangunan, jika terjadi perubahan akan dilakukan revisi RPJP 2006 -2026.

“Jika hasil evaluasi wajib dilakukan perubahan maka hingga 2026 kita tidak lakukan hal tersebut, karena hasil kompilasi untuk tiga bidang lainnya diharapkan mendapat catatan kritis, tahapan selanjutnya jika disetujui akan dibahas dengan DPRD dan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Maluku,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Ambon Evaluasi RPJM 2006-2026