PON Papua Targetkan 20 Medali Emas

share on:
Klemen Tinal-Jubi/ist
Klemen Tinal-Jubi/ist

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal menargetkan 20 medali emas bagi tim Papua yang dalam Pekan Olahraga Nasional tahun 2020 mendatang. Peringkat ini bisa mengantarkan Papua masuk dalam jajaran peringkat 10 besar pada PON.

“Target kita 20 medali emas, kita usahakan Papua masuk peringkat 10 besar,” kata Klemen Tinal kepada wartawan di restoran Pizza Hut, Jayapura, Kamis (12/11/2015) kemarin.

Klemen optimis Papua bisa mencapai target yang diinginkan pemerintah Provinsi Papua karena hasil tim Papua pada Pra PON yang sedang berlangsung saat ini. Sampai kemarin, Papua telah meraih medali sekitar 35 emas, 33 perak dan 22 perunggu. Hasil ini diharapkan bisa mencapai 40 medali emas pada Desember.

“Dari 40 emas ini, setengahnya saja, 25 emas saja itu peringkatnya sudah luar biasa. Karena PON lalu kita hanya mendapatkan 9 medali emas,” imbuhnya.

Berdasarkan fakta dan data yang akurat, lanjut  Klemen Tinal, tren prestasi tim PON Papua grafiknya semakin meningkat. Tahun lalu hanya mendapatkan 9 medali emas. Jika Papua mendapatkan 9 medali emas lagi pada PON 2020 berarti prestasinya sama. Namun jika Tim PON Papua hanya mendapatkan 7 medali emas berarti tidak sukses sebagai tuan rumah.

“Nah, nanti malam kita akan berikan bonus untuk mereka besarannya peraih medali emas Rp 30 juta, perak Rp 10 juta perunggu Rp 5 juta. Ini motivasi supaya mereka bisa disiplin dan lebih baik. Tentu kita akan berikan bonus sebagai stimulan supaya mereka lebih disiplin dan semangat,” kata Wakil Gubernur.

Secara umum kalau jujur harus puas, katanya  karena pada PON lalu Papua hanya menduduki peringkat 15 Indonesia. Sekarang sudah dapat 35 emas, paling tidak Papua sudah bisa mendapatkan gambaran prestasi. Peringkat harus diperbaiki sebagai tuan rumah yang sukses dan berprestasi. Jangan sampai ingin menjadi juara umum PON tahun 2020 tetapi trend prestasinya tetap 15 seperti PON lalu.

Sebelumnya, Ketua komisi E DPRP Kenius Kogoya mengatakan pihaknya mengapresiasikan apa yang telah dicanangkan Gubernur. Kenius mengatakan untuk saat ini Komite Nasional Olahraga Indonesia Papua harus dibenahi sehingga apa yang dicanangkan Gubernur ini perlu didukung dan masa waktu periodesasi KONI telah berakhir dan Gubernur perlu mendorong untuk dilakukannya musyawarah daerah guna pembentukan kepengurusan KONI Papua yang baru menjelang PON 2016 dan 2020 yang harus didesain dari sekarang. (Enrico Karubuy)

 

Editor : Dominggus Mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PON Papua Targetkan 20 Medali Emas