Kasus Suap: Nasib Anggota Parlemen Vanuatu Akan Didengar Jumat Pekan Ini

share on:
Marcellino Pipite - RNZI / Hilaire Bule
Marcellino Pipite – RNZI / Hilaire Bule

Jayapura, Jubi – Pengadilan banding Vanuatu akan memberikan keputusannya pada Jumat, pekan ini, atas banding yang diajukan 14 anggota parlemen yang dipenjara karena melakukan penyuapan.

14 anggota parlemen mengajukan banding atas hukuman mereka. Sebuah panel terdiri dari delapan hakim yang memimpin pengadilan banding sesi normal dan sesi akhir tahun.

Pada Jumat, penuntut umum menegaskan bukti oleh saksi-saksinya, anggota parlemen John Lum dan Richard Mera, bahwa mereka diberi uang oleh Moana Karkas untuk mengubah pemerintahan Perdana Menteri Joe Natuman dan membuat Karkas menjadi perdana menteri.

Pada hari Kamis, John Malcolm, pengacara Karkas, berpendapat uang kliennya yang diberikan kepada anggota parlemen lain adalah dalam bentuk pinjaman dan karena itu, menurutya, ia bukan merupakan suap.

Para pengacara pertahanan, Kamis juga mengangkat kredibilitas saksi, yang diberikan kekebalan terhadap menjadi saksi, tapi jaksa memberitahu pengadilan pada hari Jumat bahwa hanya tiga anggota parlemen yang diberi status kekebalan.

Ia menambahkan ada anggota parlemen lain yang telah memberikan bukti untuk penuntutan. (Yuliana Lantipo)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kasus Suap: Nasib Anggota Parlemen Vanuatu Akan Didengar Jumat Pekan Ini