SAR Biak Butuh Armada Kapal Besi

share on:

Biak, Jubi/Antara – Jajaran Badan SAR Nasional kelas A Kabupaten Biak Numfor, Papua membutuhkan penambahan armada kapal besi berukuran 60 meter untuk mendukung operasi penyelamatan jiwa manusia di wilayah perairan lautan Pasifik sekitarnya.

Kepala Basarnas Kelas A Biak Marshudi di Biak, Sabtu (14/11/2015), mengatakan, luas dan letak strategis wilayah operasi SAR Biak meliputi sejumlah kabupaten di kawasan lautan Pasifik menjadi kebutuhan prioritas penambahan armada kapal besar dilengkapi helipad.

“Usulan peningkatan sarana pendukung operasional kapal besi di wilayah kerja SAR kelas A Biak diharapkan dapat terealisasi dalam tahun 2016,” ujar Kepala Basarnas Kelas A Biak Marshudi.

Ia mengakui, kapal operasional dimiliki SAR Biak saat ini berukuran kecil 36 meter sehingga saat menjalankan misi penyelamatan di lautan Pasifik tidak optimal menghadapi hadangan ombak yang sangat tinggi dan besar.

Dengan kehadiran kapal besi berukuran besar, menurut Marshudi , diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan personel Basarnas Kelas A Biak dalam menjalankan misi evakuasi penyelamatan jiwa manusia saat terjadi bencana di wilayah kerja SAR Biak.

“Seiring dengan makin besarnya ancaman bencana karena letak geografis Pulau Biak sangat rentan bencana maka diperlukan penyiapan armada kapal penolong yang berukuran besar,” katanya.

Mashudi mengakui, untuk menunjang operasional kerja personel SAR Biak hingga saat ini telah menjalin koordinasi kerja dengan potensi SAR di daerah serta institusi TNI/Polri serta Pemkab Biak Numfor.

“SAR Kelas A Biak sangat berharap kerja sama dan koordinasi kerja yang terjalin baik harus ditingkatkan lebih bagus lagi sehingga menunjang kinerja pelayanan kepada masyarakat,” demikian Kepala Basarnas kelas A Marshudi. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SAR Biak Butuh Armada Kapal Besi