Legislator Ingatkan Pemkab Yahukimo Perhatikan Mahasiswa

share on:
Anggota Komisi IV DPR Papua, Natan Pahabol - Jubi/Doc
Anggota Komisi IV DPR Papua, Natan Pahabol – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Natan Pahabol mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo memperhatikan mahasiswa dari kabupaten itu yang studi di Kota Jayapura, terutama mengenai beasiswa.

Legislator dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo, dan Pegunungan Bintang itu mengatakan, hingga kini ia belum tahu apakah beasiswa tahun ini itu sudah disalurkan atau belum. Namun awal pekan lalu, perwakilan mahasiswa Yahukimo mengadu ke Komisi V DPR Papua akan hal itu.

“Pemkab harus memperhatikan itu. Beasiswa itu sudah ada sejak Ones Pahabol menjabat bupati pertama kali hingga kini. Mahasiswa tahu kalau tahun ini ada anggaran Rp. 10 miliar. Jadi Pemkab Yahukimo harus memperhatikan mahasiswa,” kata Natan Pahabol kepada Jubi, Selasa (17/11/2015).

Katanya, jika memang data tak jelas perlu disampaikan ke mahasiswa agar mereka tahu ada proses administrasi yang salah.

“Kalau tak dibagikan tahun ini sampaikan secara jujur agar mahasiswa puas dan tak ada saling curiga. Kami desak Pemkab Yahukimo kalau sudah ada anggaran segera bagikan dana itu kepada mahasiswa,” ucapnya.

Salah satu pengurus Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (KPMY), Senat Busup mengatakan, ia dan rekannya mahasiswa belum menerima beasiswa tahun ini. Padahal informasi yang didapat pihaknya, beasiswa itu sudah ada.

“Sejak Januari hingga kini beasiswa itu belum tersalurkan. Dana yang dianggarkan untuk beasiswa tahun anggaran 2015 ini senilai Rp 10 miliar. Di luar Kota Jayapura sudah direalisasi, sementara kami di Kota Jayapura belum,” kata Busup awal pekan lalu.

Menurutnya, keterlambatan reaslisasi beasiswa bisa berdampak pada terlembatnya para mahasiswa mengurus wisudah atau penyelesaian administrasi semester mereka. Pihaknya berharap, dana untuk mereka segera direalisasikan. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator Ingatkan Pemkab Yahukimo Perhatikan Mahasiswa