Enam Penyandang Disabilitas di Padang Peroleh Beasiswa Australia

share on:

Padang, Jubi/Antara – Sebanyak enam orang penyandang disabilitas Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mendapat beasiswa dari The University of Sydney, Australia.

“Mereka diundang karena dinilai sukses mengolah limbah koran menjadi barang kreatif, meskipun memiliki keterbatasan fisik,” kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Jumat (20/11/2015).

Enam orang yang tergabung dalam persatuan penyandang disabilitas Indonesia Kota Padang itu, antara lain Icun Sulhadi, Yungkri, Mursani, Epi Martanti, Ilham Edyyul, dan Syamsul Bahri.

Barang-barang kreatif yang dibuat dengan mengolah limbah koran diantaranya kotak tisu, vas bunga, tatakan gelas, dan beberapa barang unik lainnya.

“Mereka diundang juga dalam rangka pemberdayaan ekonomi karena barang-barang yang mereka buat juga akan dibawa ke Sydney, Australia,” katanya.

Rencananya, mereka berangkat ke Negeri Kangguru pada 21 November sampai 9 Desember 2015, untuk mengikuti pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan kampus tersebut.

“Kami berharap mereka dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya agar bisa juga berbuat untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain,” katanya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker), Frisdawati Boer, menyebut dalam program ini biaya keberangkatan dari Jakarta sampai Sydney pulang pergi, biaya pendidikan, penginapan, dan biaya harian selama di sana akan ditanggung Universitas Sydney.

“Khusus untuk biaya harian selama di Sydney, masing-masing mereka akan menerima jumlah yang cukup besar yaitu 42 dolar per hari,”katanya.

Sementara untuk biaya transportasi dari Kota Padang menuju Jakarta maupun dari Jakarta menuju Padang saat kembali nanti, akan ditanggung Pemkot Padang. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Enam Penyandang Disabilitas di Padang Peroleh Beasiswa Australia