Yusak Yaluwo Ditetapkan Kembali sebagai Bakal Calon Bupati Boven Digoel

share on:
Plt KPU Kabupaten Boen Digoel, Manfred Naa (tengah) didampingi Anggota KPU PomiBukkang (kiri) dan Zeivenson Lomban saat memberikan keterangan pers - Jubi/Roy Ratumakin.
Plt KPU Kabupaten Boen Digoel, Manfred Naa (tengah) didampingi Anggota KPU PomiBukkang (kiri) dan Zeivenson Lomban saat memberikan keterangan pers – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Sesuai dengan hasil rapat pleno yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Boven Digoel nomor 43/BA/KPU-BD/XI/2015 kembali menetapkan pasangan calon nomor urut empat atas nama Yusak Yaluwo dan Yakob Werembe untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 11 kabupaten di Papua, 9 Desember mendatang.

Hal ini ditegasan Pelaksana Tugas (Plt) KPUD Boven Digoel, Manfred S. Naa kepada wartawan, Senin (23/11/2015) di salah satu hotel di Jayapura. Manfred mengatakan, pleno tersebut menghasilkan dua keputusan tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Boven Digoel tahun 2015.

Kami membatalkan keputusan KPU Nomor: 21/KPTS/KPU/BD/XI/2015 dan mengaktifkan kembali keputusan KPU Nomor: 20/KPTS/KPU/BD/2015 tentang perubahan keputusan KPU Boven Digoel nomor 18/KPTS/KPU/BD/XI/2015 tentang penetapan pasangan calon pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Boven Digoel 2015,” katanya.

Dalam penetapan pleno tersebut dihadiri oleh tiga anggota KPUD Kabupaten Boven Digoel (Manfred Naa, Zeivenson Lomban dan Pomi Bukkang) dari lima orang. Menurut UU, pleno tersebut sah secara hukum karena memenuhi kuorum.

Kami sendiri heran, yang mengeluarkan surat undangan untuk pleno pak ketua sendiri (Ketua KPUD Boven Digoel, Yohanis Okyap-red), tetapi dia tidak hadir, maka kami bertiga berembuk untuk menetapkan pelaksana tugas untuk menetapkan pleno” kata Pomi Bukkang selaku Devisi Logistik.

Sebelumnya Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, Robert Horick mengatakan kandidat bupati Boven Digoel nomor urut 4, Yusak Yaluwo tak memenuhi syarat karena belum resmi berstatus sebagai mantan terpidana, sebagaimana keputusan Menkumham RI No 17.PK.0105.06 2015 yang menyatakan, terpidana kasus korupsi tersebut bebas 26 Mei 2017.

“Kajian hukum dari kami sudah kuat dan telah dikaji dari sisi semua aturan yang ada. Dari kajian ini disilahkan KPU Boven Digoel untuk ambil keputusan. Yang jelas kita sudah menyimpulkan, yang bersangkutan tidak memenuhi syarat. Tapi keputusan untuk menggugurkan adalah wewenang KPU,” kata Robert Horick, di Jayapura beberapa waktu lalu.

Ditempat terpisah, Penasehat Hukum nomor urut empat, Aloysuis Renwarin sangat mengaresiasi apa yang dilakukan KPUD Kabupaten Boven Digoel. Menurutnya, apa yang dilakukan KPUD Boven Digoel sudah sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami memberikan apresiasi kepada KPUD Boven Digoel dengan mencabut SK mereka dan kebijakan tersebut menurut kami sangat bijaksana. Karena sesuai dengan keputusan DKPP dan Fatwa Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan bahwa bupati maupun wakil bupati ataupun kepala daerah yang bebas bersyarat dapat mengikuti pertarungan Pilkada di suatu wilayah,” katanya.

Disinggung tentang majunya kembali Yusak Yaluwo dalam Pilkada untuk kedua kalinya, Yusak Yaluwo yang ditemui di Jayapura mengatakan dirinya sebagai putra Boven Digoel melihat lima tahun yang sudah berjalan terkait kebijakan-kebijakan pembangunan di Boven Digoel tidak berjalan sama sekali.

“Satu pembangunanpun tidak ada di Boven Digoel. Saya merasa ini merupakan satu kesalahan yang luar biasa dan saya merasa bertanggungjawab untuk melanjutkan program-program pembangunan yang sempat tersendat lima tahun yang lalu,” katanya.

Terkait dengan tidk berjalannya pembangunan di eranya, dan juga peran wakil bupati dan SKPD-SKPD di lingkup Kabupaten Bven Digoel sama sekali tidak tidak bekerja.

Menanggapi hal tersebut, Yusak mengatakan, anggaran pembangunan sebesar Rp 1,2 triliun yang dikucurkan sama sekali tidak membawa manfaaat dalam hal pembangunan di daerah tersebut. “Inilah yang ingin saya perbaiki kalau terpilih nantinya,” ujarnya. (Roy Ratumakin)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Yusak Yaluwo Ditetapkan Kembali sebagai Bakal Calon Bupati Boven Digoel