Distrik Miru Gelar Penyegaran Linmas Kampung

share on:
Sekda Mimika, Ausilius You, didampingi Kadistrik Miru, Johana Arwam, saat membuka kegiatan - Jubi/Ist
Sekda Mimika, Ausilius You, didampingi Kadistrik Miru, Johana Arwam, saat membuka kegiatan – Jubi/Ist

Timika, Jubi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You secara resmi membuka pelatihan Lintas Masyarakat (Linmas) aparat kelurahan dan kampung, dengan tanda pemukulan tifa. Kegiatan diselenggarakan oleh Distrik Mimika Baru (Miru).

Kepala Distrik Mimika Baru, Yohana A.B Arwam kepada wartawan di kantornya, Senin (23/11/2015) mengatakan, pelatihan ini berlangsung tiga hari terhitung Senin sampai Rabu (23-25/11). Kegiatan pelatihan formal untuk anggota Linmas ini diikuti 12 kelurahan dan tiga kampung. Masing-masing kampung dan kelurahan diikuti lima orang.

“Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan, sejak status distrik sebagai SKPD. Sebelumnya ada kegiatan yang sama. Rencana tiap tiga bulan sekali kami lakukan penyegaran untuk para Linmas, bergantung situasi dan kondisi. Kalau bisa sebulan atau dua bulan lakukan penyegaran kenapa tidak,” ujar Johana Arwam, di Timika, Selasa (24/11/2015).

Menurut Johana, tujuan kegiatan untuk meningkatkan peran dan fungsi Linmas. “Selama ini Linmas ada tapi peran dan fungsinya tidak terlihat jelas. Karena itu pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas Linmas di tengah-tengah masyarakat,”tuturnya.

“Mereka datang dari berbagai latar belakang. Saya inginkan keberadaan mereka di tengah masyarakat harus diketahui, dihargai oleh masyarakat. Dan sekali-kali berikan mereka apresiasi, mereka menganggap betul-betul ada perhatian sehingga melaksanakan tugas dengan tanggung jawab,” kata Yohana.

Sekda Ausilius mengatakan, kegiatan itu meningkatkan bela negara dan rasa cinta terhadap tanah air. Mempertahankan negara harga mati dari semua aspek yang ada di dalamnya. Perlu diberdayakan secara optimal baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) dan komponen yang ada di dalamnya.

“Sebagai wujud rasa cinta tanah air, maka mempertahankan NKRI wajib bagi semua elemen masyarakat, termasuk dalam aspek pertahanan dan keamanan. Semua masyarakat harus berpartisipasi bersatu padu dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing,”ungkap You. (Eveerth)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Distrik Miru Gelar Penyegaran Linmas Kampung