KPU Yalimo Gelar Rakor Bersama Pemda, Panwas dan Kepolisian

share on:
Rapat kordinasi KPU Yalimo beserta daerah, Panwas dan Polres Jayawijaya-Jubi/Islami
Rapat kordinasi KPU Yalimo beserta daerah, Panwas dan Polres Jayawijaya – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Dalam rangka persiapan pemilihan bupati dan wakil bupati Yalimo pada 9 Desember 2015 mendatang, dibutuhkan kerja sama dan antisipasi permasalahan yang akan dihadapi dalam Pilkada nanti, sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo mengeglar rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah daerah, panitia Pengawas (Panwas) dan kepolisian.

Ketua KPU Yalimo, Yanis Alitnoe mengatakan, rakor ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan dukungan yang diberikan stakeholder terhadap pihak KPU dalam penyelenggaraan nanti. Selain itu, untuk melihat kendala yang akan dihadapi jelang pelaksanaan agar bisa disikapi oleh KP dari sisa waktu yang ada.

“Kesuksesan pemilukada nanti bukan hanya milik KPU saja, tapi semua pihak termasuk juga pemerintah daerah, kepolisian, panwas dan seluruh elemen. Untuk itu, saya ingin melihat kendala apa yang akan dihadapi agar kami bisa menyikapinya secepat mungkin agar tidak menjadi permasalahan yang bisa mengganggu pelaksanaan,” katanya di Wamena, Jayawijaya, Senin (23/11/2015).

Menyinggung logistik, ia meminta pengamanan ekstra dari pihak kepolisian. Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang telah memberikan dukungan hingga semua tahapan bisa berjalan sesuai jadwal yang ada.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Yalimo, Gasper Liaw mengatakan, pemerintah daerah juga memberikan apresiasi kepada KPU yang telah bekerja dengan baik dengan mengikuti semua jadwal dan tahapan yang ada. Untuk itu dirinya selaku wakil pemerintah daerah akan melibatkan diri bersama KPU, Panwas, kepolisian melihat persiapan jelang hari – H nanti.

“Pemerintah daerah mendukung langkah yang telah dilakukan KPU hingga saat ini, dimana semua tahapan bisa dilalui dengan baik, kami mulai dari perangkat paling bawah mendukung sepenuhnya. Dukungan ini juga kami terima dari para kepala distrik bahwa mereka akan menyukseskan pelaksanaan pilkada nanti,” kata Sekda.

Menurut dia, pihaknya selaku pengawas menerima semua tahapan yang telah dilalui. “Kami akui kami terlambat. Namun setelah terbentuk kami melakukan koordinasi dengan pihak KPU terkait tahapan yang sudah berjalan dan kami menganggap tidak ada masalah hingga saat ini,” ujar Frans Yare.

Pihaknya juga sudah melakukan bimbingan teknis dan sosialisasi tentang tugas Panwas dan pelaksanaan pilkada nanti, mulai dari tingkat kabupaten hingga kampung. Pihaknya juga sudah membentuk Gakumdu untuk melihat masalah yang akan dilaporkan baik itu oleh masyarakat, pendukung pasangan calon dan lembaga sosial masyarakat.

Untuk pengamanan pilkada Yalimo, Polres Jayawijaya yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol Fransiskus Elosak menegaskan pihaknya siap melakukan pengawalan dan pengamanan pelaksanaan Pilkada Yalimo hingga selesai.

Pengawalan dan pengamanan akan dilakukan mulai dari tingkat kampung hingga kabupaten.dimana dalam menjalankan tugasnya nanti pihak akan bekerja sama dengan pihak TNI.

“Kami siap mengawal dan mengamankan, kami juga akan bekerjasama dengan TNI sesuai dengan MoU yang telah kami tandatanggani,” kata Wakapores Fransiskus. (Islami)

 

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU Yalimo Gelar Rakor Bersama Pemda, Panwas dan Kepolisian