Pemkab Biak Terus Perindah Wajah Kota Biak

share on:
Lokasi pembangunan perahu perang orang Biak jaman dahulu dan taman di depan pintu masuk dermaga Biak - Jubi/Marten Boseren
Lokasi pembangunan perahu perang orang Biak jaman dahulu dan taman di depan pintu masuk dermaga Biak – Jubi/Marten Boseren

Biak, Jubi – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua terus berupaya mengubah dan menata wajah ibu kota Kabupaten Biak Numfor agar menjadi indah dan menarik perhatian warga dari berbagai daerah di Papua maupun luar Papua untuk berkunjung ke Biak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Papua, Andreas Msen mengatakan, berbagai hal dilakukan pemkab Biak Numfor, seperti membangun tugu perahu perang orang Biak zaman dahulu (Way Mansusu) dan taman kota yang berada tepat di depan pintu masuk dermaga besar, serta pelebaran dan perpanjangan taman di Ridge.

Selain itu, pemkab juga membangun Tugu Frans Kaisepo, Tugu Yos Sudarso, serta membangun gedung berlantai dua di eks Pasar Inpres dan membangun Pasar Ikan Baru,” kata Sekda kepada wartawan di Biak, Senin (23/11/2015).

Semua dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu daerah tujuan wisata maupun Kota Jasa dengan menyediakan layanan jasa memanjakan dan memuaskan setiap orang yang berkunjung ke Biak.

Sebelumnya, Yunus Ayer, warga jalan Intel Ridge Biak meminta Pemkab Biak Numfor untuk memperpanjang dan memperlebar taman yang telah dibangun di daerah Ridge. Pasalnya taman tersebut hanya berukuran 25 meter persegi dan hanya mempunyai empat tempat duduk. Perpanjangan dilakukan agar warga yang bermalam minggu di taman, dapat duduk dan menikmati keindahan taman di malam hari.

Warga Kota Biak lainnya, Daniel Randongkir juga mengungkapkan hal yang sama. Ia berharap selain taman tersebut, pemerintah juga harus membangun beberapa taman lain di beberapa lahan kosong yang ada di pusat Kota Biak sebagai tempat berekreasi warga Kota Biak.

Dan harus menempatkan petugas untuk menjaga taman-taman tersebut agar tidak kotor dan fasilitas taman yang dibangun tetap terjaga aman. Bila tidak, akan dirusak oleh warga Kota Biak yang suka mabuk-mabukan di pusat Kota Biak,” katanya.

Terkait dengan permintaan masyarakat sebelumnya Bupati Biak Numfor,Papua, Thomas Alfa Edison Ondy mengaku sudah memiliki rencana dengan memanfaatkan program CSR (Corporate Social Responsibilty) sejumlah bank di Biak agar Kota Biak terlihat hijau dan indah.

Sejumlah taman akan kita bangun di sejumlah lahan kosong yang ada di Kota Biak sebagai tempat rekreasi dan hiburan bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar Kota Biak tetapi juga membuat masyarakat kampung nyaman saat datang ke kota Biak,” ujar Ondy belum lama ini. (Marten Boseren)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Biak Terus Perindah Wajah Kota Biak