PM PNG akan Launching Proyek Pengalengan Ikan di Madang

share on:
Nelayan di Madang, PNG - RNZI
Nelayan di Madang, PNG – RNZI

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill saat ini memulai tahap konstruksi proyek Pacific Marine Industrial Zone (PMIZ) di Provinsi Madang.

Proyek senilai US$ 235 juta tersebut, akan membangun hingga sepuluh pabrik pengalengan dan fasilitas pelabuhan lainnya di Madang Lagoon. Proyek ini telah tertunda selama bertahun-tahun karena masalah hukum, lingkungan dan pemilik tanah.

Namun perdana menteri memastikan kembali komitmen pemerintah dalam proyek PMIZ ini. Pembangunan ini akan dilakukan Cina Shenyang International Techinal Ekonomi Corporation.

Post Courier, Selasa (24/11/2015) melaporkan bahwa menurut sebuah forum tuna Pasifik baru-baru ini, proyek dapat meningkatkan hasil tangkapan tuna tahunan di PNG dari US$ 1350000000 menjadi US$ 2,7 miliar.

Tapi ada tersisa kekhawatiran di kalangan masyarakat Madang tentang dampak hak-hak lingkungan, sosial dan tanah yang mungkin terjadi akibat proyek PMIZ. Banyak penduduk setempat mengatakan mereka belum berkonsultasi secara memadai tentang proyek. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PM PNG akan Launching Proyek Pengalengan Ikan di Madang