Bahasa-Bahasa Papua dan Bahasa Indonesia Dong Bakalai di Tanah Papua

share on:
Generasi muda Papua - Jubi/Victor Mambor
Generasi muda Papua – Jubi/Victor Mambor

Oleh : Izak Morin

Setiap kelompok etnis di Tanah Papua pu bahasa sendiri-sendiri. Waktu dong mo bicara Bahasa Indonesia pasti dong pu bahasa de bakalai deng Bahasa Indonesia terutama ejaan, intonasi, pengucapan dan pemilihan kata yang tepat. Bahasa Papua pasti kase kumur Bahasa Indonesia. Tapi, sayang karena wasit selalu kase menang Bahasa Indonesia. Wasit komin lagi. Tra adil skali ya.

Karena jumlah bahasa di Papua mencapai 253 maka beberapa contoh di bawah ini kitong pake saja untuk kase tunjuk bagemana Bahasa Papua dan Bahasa Indonesia dong dua baku skot.
Orang Biak dong tra bisa ucapkan bunyi sengau [-ng] yang muncul pada ujung sebuah kata seperti ‘sombong’ dan ‘kosong’. Beberapa tahun yang lalu kalo kitong nae taksi di Biak, yaitu dari Pasar Inpres ke Samofa dan Angkasa kondektur nan tanya kalo su mo dekat Lampu Merah. De tanya begini: Lampu Merah! Kalo trada yang bicara, kondektur bilang: Koson! De tanya lagi: Mandiri! Koson! Tapi, sekarang kalo nae taksi di Biak kata ‘koson’ su trada. Jadi, kalo kondektur tanya: Lampu Merah! Trada yang bicara, kondektur nanti bilang: Bebas! Hal ini terjadi karena beberapa tahun lalu kondektur dapa tegur trus dari penumpang begini: Bukan koson tapi k o s o n g!

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bahasa-Bahasa Papua dan Bahasa Indonesia Dong Bakalai di Tanah Papua