Pemkab Maybrat Siap Pasarkan Produksi Kedelai Petani

share on:
Logo Kabupaten Maybrat - IST
Logo Kabupaten Maybrat – IST

Manokwari, Jubi/Antara – Pemerintah Kabupaten Maybrat, Papua Barat, siap memasarkan hasil kedelai petani yang mengalami kesulitan memasarkan hasil panen.

Bupati Maybrat, Karel Murafer, di Sorong, Rabu (25/11/2015), mengatakan pemerintah akan membangun gudang untuk menampung kedelai petani serta mencari solusi untuk memasarkan hasil kedelai tersebut.

Dia mengatakan langkah itu dilakukan pemerintah agar petani semangat dan meningkatkan produksi kedelai guna mendukung program swasembada pangan nasional.

“Kendala yang dihadapi petani Kabupaten Maybrat adalah sulit memasarkan hasil produksi kedelai sehingga Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan akan mencari pasar untuk kedelai hasil produksi petani,” kata Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Maybrat, Philipus Howay, yang memberikan keterangan terpisah mengatakan luas lahan kedelai petani di daerah itu mencapai 250 hektar.

Lahan kedelai itu tersebar di Distrik Ayamaru, Aifat, Aitinyo dan Distrik Mare. Direncanakan penambahan lahan kedelai seluas 80 hektar di awal 2016.

Pengembangan lahan kedelai di Maybrat dibiayai pemerintah pusat melalui program swasembada pangan nasional senilai Rp 1,99 juta per hektar.

Ia mengatakan petani setempat minta pemerintah pusat menambah anggaran program swasembada pangan nasional khususnya pengembangan lahan kedelai karena letak geografis daerah gunung membutuhkan dana lebih besar untuk membuka lahan. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Maybrat Siap Pasarkan Produksi Kedelai Petani