Produksi Minyak Pertamina Sorong 2.414 Barel Sehari

share on:
Kantor Pertamina Area Maluku-Papua. (Jubi/Arjuna)
Kantor Pertamina Area Maluku-Papua. (Jubi/Arjuna)

Manokwari, Jubi/Antara – Produksi minyak bumi Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina Salawati di Kabupaten Sorong, Papua Barat sebesar 4.414 barel per hari untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri.

Field Manajer JOB Pertamina Petrochina Salawati, Havanto Aji di Sorong, Selasa (24/11/2015) mengatakan minyak yang dihasilkan tersebut merupakan hasil eksplorasi 30 tahun yang lalu.

Dikatakan, jumlah sumur minyak hasil eksplorasi JOB Pertamina Petrochina Salawati selama hampir 30 tahun yang masih aktif produksi yakni dua sumur lepas pantai dan 38 sumur di daratan dengan total produksi 4.414 barel per hari.

Selain produksi minyak, kata Havanto, JOB Pertamina Petrochina Salawati juga memproduksi gas namun terbatas hanya digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

Menurut dia, masa kontrak produksi minyak JOB Pertamina Petrochina Salawati akan berakhir 2020 atau tersisa lima tahun sehingga belum ada kegiatan eksplorasi sumber cadangan minyak yang baru di daerah itu karena masa kontrak produksi tinggal lima tahun lagi.

Ia menjelaskan proyek produksi minyak JOB Pertamina Petrochina di Salawati Kabupaten Sorong merupakan join Pertamina Indonesia dan tiga perusahaan asing salah satunya Petrochina perusahaan asal China.

“Kontrak kerja sama ini berakhir pada 2020 dan melihat tanda-tanda saat ini kemungkinan investor tersebut tidak memperpanjang kontrak lagi,” katanya.

Ia mengatakan agar produksi minyak di Salawati Kabupaten Sorong tetap berlanjut di 2020 maka pemerintah harus mencari jalan keluar dari sekarang karena Pertamina tidak bisa melanjutkan proyek tersebut tanpa turut serta investor luar. (*)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Produksi Minyak Pertamina Sorong 2.414 Barel Sehari