KM Nur Hikmah Tenggelam di Sekitar Pulau Habe-Merauke

share on:
tenggelam
Agen Pelra Samudra Arafura, Ermiyati. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kapal Motor (KM) Nur Hikmah milik Abdul Kadir, tenggelam di sekitar perairan Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke. Saat itu, kapal membawa bahan material berupa pasir maupun kerikil dari Merauke dengan tujuan Wanam sampai Bomakia, Kabupaten Mappi.

“Memang kami sebagai agen dari kapal tersebut dan sudah mendapatkan informasi tenggelamnya KM Nur Hikmah pada tanggal 25 November 2015 sekitar pukul 06.00 WIT,” kata nAgen Pelabuhan Rakyat (Pelra) CV Samudera Arafura Nusantara, Ermiaty yang ditemui Jubi di ruang kerjanya Kamis (26/11/2015).

Kapal berangkat dari Pelabuhan Merauke pada 21 November 2015. Dalam perjalanan selama beberapa hari, kemudian kapal tenggelam. Sedangkan nahkoda bersama anak buah kapal (ABK) yang berjumlah 6 orang, berhasil diselamatkan oleh salah satu kapal ikan.

Penyebab tenggelamnya kapal akibat kebocoran di lambung kapal. “Memang informasi secara detail belum kami dapatkan. Karena nahkoda bersama enam ABK lain, kini sedang dalam perjalanan ke sini. Sehingga nantinya baru akan didengar keterangan secara pasti dan jelas,” tuturnya. Ermiaty belum memastikan berapa kerugian akibat tenggelamnya kapat tersebut.

Secara terpisah Kasat Pol Air Polres Merauke, Ajun Komisaris (AKP) Sakka membenarkan adanya kejadian itu. Hanya saja pemeriksaan belum dilakukan karena nahkoda maupun para ABK masih dalam perjalanan ke Merauke.

“Kami juga belum tahu bahan material milik siapa. Tetapi kemungkinan kapal bocor dan bahan material terendam air laut, sehingga tenggelam,” tuturnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KM Nur Hikmah Tenggelam di Sekitar Pulau Habe-Merauke