PMI Papua Miliki 90 Relawan Terlatih

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua mengklaim telah memiliki 90 relawan yang sudah terlatih dalam menangani bencana alam.

Kepala Markas PMI Provinsi Papua, Frans H. Bisay, di Jayapura, Rabu (25/11/2015), mengatakan ke-90 relawan ini dilatih dalam tiga gelombang pelatihan.

“Dalam satu pelatihan, sekitar 30 relawan yang dibekali keterampilan dalam menghadapi bencana alam,” katanya.

Frans menjelaskan keterampilan yang diberikan kepada 90 relawan misalnya bagaimana mengevakuasi korban, pasang bongkar tenda dan dapur umum, melakukan pertolongan pertama serta pelayanan lainnya.

“Selain ada relawan terlatih, ada juga yang tidak terlatih sehingga jika ditotal sekitar 100-an lebih relawan yang dimiliki PMI,” ujarnya.

Dia menuturkan, rencananya tahun depan pihaknya akan kembali melakukan perekrutan relawan dari berbagai tingkatan seperti perguruan tinggi, masyarakat umum dan Tenaga Suka Relawan (TSR).

“TSR ini terdiri dari tenaga-tenaga profesi seperti mantri, dokter, wartawan dan lain sebagainya,” katanya lagi.

Dia menambahkan hingga kini relawan yang dimiliki PMI Provinsi Papua merupakan perekrutan dari tiga kabupaten/kota yang ada di sekitarnya seperti Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Jayapura. (*)

 

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PMI Papua Miliki 90 Relawan Terlatih